Jakarta (Indo Times)– Uji kompetensi Program Profesi Dokter Gigi Nasional Periode IV/2019 yang berlangsung tanggal 25 Oktober 2019 (Uji Teori UKDGI) dan 26 Oktober 2019 (Uji Praktek UKDGI), mengumumkan antara lain, lulusan terbaik Peringkat satu Alumnus dari Universitas Airlangga (Mario Powa Mensana). Peringkat dua Alumnus dari Universitas Moestopo (Peter Albertus), Gadjah Mada (Kansha Betha Inas Fathin, Kartika Rani Rofidah, Mayga Buana Putri), Universitas Indonesia (Anandita Riska Pratiwi), Padjadjaran (Firda Rima Kustiawati), dan Sriwijaya (Afif R. Thabrani).

Pengumuman hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) Nasional 2019, menyebutkan drg Peter Albertus, alumnus FKG Moestopo Angkatan 2013, sebagai lulusan terbaik peringkat 2. Peter Albertus sudah menunjukkan keseriusan studi sejak awal perkuliahan. Lulus Sarjana Kedokteran Gigi dengan Indeks Prestasi Kumulatif 4.0.

Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI), pertama kali diselenggarakan pada tanggal 3-4 April 2007 sebagai wujud pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2004. Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) merupakan Tolok Ukur Kelulusan Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi.

Dokter dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang andal serta memiliki integritas etika/moral untuk mendukung terwujudnya pelayanan kedokteran yang bermutu. Di akhir proses program pendidikan kedokteran dilakukan uji kompetensi mahasiswa yang bersifat nasional untuk memperoleh sertifikat profesi dari institusi pendidikan sesuai UU Pendidikan Kedokteran sekaligus direkognisi sebagai Uji Kompetensi Dokter/Dokter Gigi Indonesia untuk memperoleh sertifikat kompetensi dari organisasi profesi dalam hal ini Kolegium sesuai Undang-Undang Praktik Kedokteran dan Perkonsil No.1 Tahun 2010.

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta meraih Akreditasi A atau Unggul dan menjadi satu dari tujuh FKG di seluruh Indonesia yang menyandang akreditasi A. Fasiltas yang disediakan meliputi rumah sakit gigi dan Mulut, 128 dental unit, empat guru besar, 70 dosen, dan 21 ruang kuliah. Akreditasi A dengan nilai 368 berhasil diraih Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi, dan Akreditasi A dengan nilai 369 diraih oleh Program Studi Profesi Dokter Gigi.

Pendidikan profesi yang diselenggarakan adalah Bedah Mulut, Konservasi, Penyakit Mulut, Radiologi, Orthodonsi, Prostodonsia, Kedokteran Gigi Anak, dan Periodonsia. Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Moestopo merupakan kelengkapan penyelenggaraan perkuliahan FKG. Terakreditasi Paripurna Bintang Lima SNARS Edisi 1, dan terakreditasi A (Unggul) dari LAM-PTKes Program Studi Akademik dan Program Studi Profesi Fakultas Kedokteran Gigi Moestopo. Selanjutnya RSGM Moestopo telah memenuhi standar kelayakan pelayanan, manajemen rumah sakit, keselamatan pasien rumah sakit, dan Millenium Development Goals.

FKG Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) berupaya untuk konsisten melanjutkan perjuangan Mayor Jenderal TNI Prof Dr Moestopo dalam bidang pendidikan.