Menkop UKM Yakin Brand Kopi Lokal Mampu Bersaing

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri dan UKM Teten Masduki meyakini saat , -brand lokal mampu bersaing dengan brand-brand kopi dari luar negeri. Bahkan, kualitas dan cita rasa kopi Indonesia lebih baik dari kopi luar.

“Kita harapkan lokal bisa meningkat dari segi volume bisnisnya, asalkan dikonsep dengan baik maka akan memiliki value yang tinggi,” kata Teten saat menghadiri acara bertajuk “Kopi Penyangga Bumi”, di M Bloc Space, kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (20/1).

Untuk mendukung pengembangan kopi nasional, Teten pun mendukung aset-aset pemerintah yang idle untuk dimanfaatkan Usaha , Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu lahan itu adalah M Bloc Space yang dijadikan sebagai marketplace untuk berbagai produk, seperti kuliner, fashion, termasuk kedai kopi.

seperti ini yang akan mendapatkan market yang paling bagus di kalangan , selain komersial juga edukasi untuk masyarakat,” kata Teten.

Baca juga :  LPDB-KUMKM Siapkan Pembiayaan Bagi Petani Kopi

Teten juga terus berupaya mencari lahan pemerintah yang kosong lainnya atau kurang dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai lahan serupa. Misalnya, untuk pasar malam, desa wisata, dan sejenisnya.

Di tempat yang sama, CEO M Bloc Space serta penggagas Kopi Penyangga Bumi, Handoko Hendroyono mengatakan, M Bloc tumbuh dan berkembang karena semangat komunal, di mana brand-brand lokal hadir dan eksis. Dengan kerjasama seperti ini brand-brand lokal dipastikan bisa maju.

“Kita harus bersatu, berkolaborasi seluruh stake holder (BUMN, masyarakat dan lain-lain) untuk memajukan brand lokal,” ujar Handoko.

Pihaknya juga akan terus membuat kolaborasi event-event kopi, bukan hanya di M Bloc Space, tetapi juga di banyak tempat di Jakarta Selatan. Sehingga, turis-turis asing akan banyak berwisata kopi di Jakarta Selatan dengan narasi yang berbeda.

Sementara Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya mengatakan, sebagai BUMN Peruri memiliki tanggungjawab untuk memajukan serta mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kehidupannya.

Baca juga :  Skala Ekonomi Petani Kopi Harus Ditingkatkan

“Acara Kopi Penyangga Bumi ini merupakan kolaborasi BUMN Karawang dengan Creative Hub M Bloc, diharapkan semakin banyak BUMN maupun swasta yang tertarik berkolaborasi memajukan di Indonesia dan menjadikan kopi Indonesia memiliki nilai jual di tingkat dunia,” harap Dwina.

Dwina menambahkan, Peruri bersama M Bloc sangat terbuka untuk mengakomodir kolaborasi kreatif dari berbagai dalam mewujudkan gagasan para maupun industri kreatif untuk meningkatkan peran UMKM dalam memajukan perekonomian Indonesia.