Penuhi Janji, Jutaan Peserta Aksi Damai Bubarkan Diri dengan Tertib

JAKARTA, Indotimes.co.id – Jutaan peserta aksi damai pada pada Jumat (2/12/2016) yang berasal dari berbagai daerah usai dzikir Akbar dan salat Jumat di kawasan Medan Merdeka Selatan membubarkan diri.

Sambil meneriakan kalimat tauhid, para pendemo mengikuti keinginan GNPF MUI dan kepolisian Republik Indonesia untuk membubarkan diri.
Sesuai kesepakatan GNPF MUI dan Kepolisian RI sudah sepakat aksi demo 2 Desember hanya akan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Selain karena kesepakatan, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut turun dan hujan-hujanan demi salat Jumat berjamaah dengan para peserta aksi damai 2 Desember 2016.

Di bawah rintikan hujan yang masih turun tak menjadikan para demonstran mencari tempat berteduh. Namun dengan pakaian basah mereka tetap berjalan meninggalkan lokasi demo dengan aman dan tertib.

“Kita komitmen dan sepakati perjanjian yang sudah dibuat panitia GNPF MUI dengan pihak Kepolisian untuk menyelesaikan kegiatan usai Salat Jumat dan massa bubar dengan tertib,” kata salah seorang peserta aksi damai, Romdoni.

Namun pembubaran peserta aksi tidak dapat dalam waktu singkat, mengingat peserta aksi mesti berjalan kaki menuju kendaraan masing-masing yang membawa mereka. Selain itu, terlihat peserta aksi yang menggunakan kendaraan roda dua, mulai berjalan secara konvoi di jalan-jalan pulang ke wilayah masing-masing. (dil)

Loading...