Demokrat Siapkan Pemenangan Pemilu 2024, Terjunkan Kader Serap Aspirasi Masyarakat
Pengurus DPC Partai Demokrat Kota Tangerang saat menyanyikan lagu Mars Demokrat.

KOTA TANGERANG (Indo Times) — Kader Partai Demokrat DPC Kota Tangerang diberikan pendidikan politik di awal tahun 2020 ini, bertujuan untuk persiapan pemenangan di Pemilu 2024 nanti.

Dalam kegiatan workshop bertemakan “Konsolidasi Kader Partai Demokrat Menuju Pemenangan Pemilu 2024“, dihadiri oleh pengurus dan anggota partai dari tingkat kota hingga anak ranting. Selasa (28/01).

Anggota DPRD kota Tangerang dari fraksi Demokrat periode 2019-2024 dalam kesempatan ini memberikan materi dan strategi kepada para kader yang hadir di sekretariat DPC partai Demokrat yang beralamat di jl. Benteng Betawi Ruko Graha Raya Tanah Tinggi Kota Tangerang.

Diketahui, dari kelima Daerah Pemilihan (DAPIL) di kota Tangerang Partai Demokrat berhasil meraih 1 kursi di setiap Dapilnya, Dedy Fitriadi SH. (DAPIL 1), Ade Suryadi (DAPIL 2), H. Baihaki M.Si (DAPIL 3), Gunawan Dewangga Dewantoro (DAPIL 4) dan Cecep Alfian (DAPIL 5).

H. Baihaki M.SI, selaku Ketua DPC menyampaikan bahwa tata kelola keuangan DPC Partai Demokrat kota Tangerang dilakukan secara Transparan diantara pengurus, anggota hingga kader tingkat ranting dapat mengetahui pengelolaan keuangan partai. Hal tersebut dilakukan guna membangun kepercayaan antara kader dan pengurus  dalam partai Demokrat.

H. Baihaki saat nyanyikan lagu mars Demokrat dalam kegiatan Konsolidasi Kader Partai Demokrat Menuju Pemenangan Pemilu 2024.

Saat diwawancarai, H. Baihaki mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan workshop adalah untuk menyiapkan kader-kader agar mampu hadir di tengah masyarakat untuk menyerap aspirasi warga di wilayah masing-masing.

Kemudian bisa memberikan solusi ketika ada permasalahan di tengah masyarakat, namun bila terkendala kader bisa segera menyampaikan kepada pengurus partai yang telah terpilih menjadi anggota di DPRD kota Tangerang.

“Agar semua kader menyiapkan diri dan kembali terjun ke masyarakat, membantu memperjuangkan kepentingan-kepentingan masyarakat, dan bila menemui hambatan di tingkat ranting silakan ke DPC dan laporkan ke Fraksi Demokrat di DPRD, ” jelas Baihaki.

Baihaki pun mengungkapkan sudah menyiapkan program-program untuk mendukung pemenangan pemilu 2024, salahsatunya pemberdayaan kader perempuan dalam partai demokrat, serta peningkatan kegiatan di kalangan pemilih pemula.

“Para perempuan demokrat yang sudah terbentuk dalam PDRI setiap sebulan sekali sudah mengadakan kegiatan salahsatunya pengajian majlis ta’lim ibu-ibu, dan nantinya agar membentuk kegiatan sosial yang bisa menyentuh masyarakat, hadir di tengah masyarakat memperhatikan kesehatan ibu dan anak dan juga bisa mendorong kader-kader perempuan demokrat khususnya tidak kalah dengan politisi laki-laki yang ada di partai demokrat.” Ungkap Baihaki.

Baihaki menambahkan, Kegiatan kader muda yang sudah rutin berjalan di bidang olahraga, kedepan harus dapat meningkatkan prestasi. Seperti olahraga bola futsal dan voli, kegiatan tersebut selanjutnya harus difokuskan agar meraih prestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional.

“Seperti olahraga Voli di tingkat Provinsi yang sudah meraih prestasi juara kedua, kader pemilih pemula di kota Tangerang harus lebih intens dalam kegiatan olahraga maupun kegiatan kreatifitas lainnya guna meraih prestasi baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional,” tambah Baihaki.

Di waktu yang sama, usai konsolidasi kader partai Demokrat, Anggota DPRD komisi 1 dari Fraksi partai Demokrat, Gunawan Dewangga Dewantoro menambahkan, untuk meraih kemenangan di pemilu 2024 nanti. Dirinya berharap, kerjasama antara DPC di tingkat kota, tingkat Provinsi dan juga tingkat DPP di pusat partai Demokrat harus mampu membantu permasalahan yang ada di kader tingkat bawah.

Gunawan pun mengatakan Konsolidasi yang dilakukan DPC kota Tangerang saat ini bersama kader PAC, Ranting dan anak ranting bertujuan baik untuk menyerap aspirasi masyarakat. Namun terkadang permasalahan tersebut tidak bisa diatasi oleh Anggota DPRD di tingkat Kota saja, Anggota DPRD tingkat provinsi dan DPR RI kedepan harus ikut serta membantu kader di tingkat bawah dalam memecahkan permasalahan sosial di masyarakat.

“Menurut ane, BIMTEK ini adalah konsolidasi partai Demokrat, sayap-sayap di bawah itu harus diperhatikan, tak hanya dari unsur DPC, juga unsur DPD dan DPP, Kita sebagai anggota DPRD tingkat kota dari DPC bersentuhan langsung dengan kader di bawah, kedepannya kita harus lebih bersinergi antara Provinsi dan di DPR RI, agar dewan-dewan dari partai Demokrat bisa mengatasi unek-unek di bawah yang hadir di tengah masyarakat” Ujar Gunawan.

Gunawan Dewantoro Anggota DPRD yang terpilih dari DAPIL 4 yang melingkupi kecamatan Ciledug, Karang Tengah dan Larangan, mengungkapkan selama 5 bulan dirinya menjabat sebagai DPRD tidak bisa sepenuhnya memenuhi keinginan masyarakat di wilayah, karena terkendala oleh aturan yang ada.

“Dan perlu dipahami, Dewan itu bukan malaikat yang bisa mengakomodir masyarakat di bawah, setelah saya masuk menjadi anggota DPRD selama 5 bulan ini perlu diketahui masyarakat, rencana di tahun 2020 tidak bisa kami realisasikan dengan dinas-dinas pemerintah kota Tangerang, karena APBD tahun 2020 sudah dikunci oleh dewan periode sebelumnya, dan kita baru bisa mengajukan di APBD tahun 2021, namun terkadang masyarakat tidak mau tahu, sekarang kita sudah duduk menjadi anggota dewan, dan dituntut harus bisa mengakomodir keinginan masyarakat di bawah,” ungkapnya.