JAKARTA, Indotimes.co.id – Pengurus Pusat Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PP PRSI) akan menggelar Liga Polo Air khusus untuk atlet polo berusia 16 tahun ke bawah (U-16) yang diikuti sembilan klub renang di Jakarta.

Gelaran liga polo air yang pertama kalinya dihelat di Indonesia ini, akan berlangsung di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, mulai 3 Maret 2020 mendatang.

“Kami sudah lama berdiskusi untuk menggelar liga polo pertama di Indonesia. kami tak ingin berlarut-larut, apalagi kami baru mendapatkan momentum dengan meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina,” tutur Ketua Penyelenggara, Wisnu Wardhana, Selasa (18/2).

Wisnu yang juga Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PRSI menambahkan, dengan diadakan liga polo air ini diharapkan bisa mengisi kekosongan generasi untuk menuju SEA Games 2021 bahkan persiapan tim untuk bertempur di Olimpiade 2032 mendatang.

Delegasi Teknis Liga Polo Air, Dean Baldwin, menambahkan bahwa liga ini merupakan program jangka panjang yang ke depannya juga akan merangkul keikutsertaan Provinsi-Provinsi lainnya.

“Untuk sementara ruang lingkupnya masih di DKI Jakarta. Berkaca pada negara lain, seperti polo air di Singapura, sistem liganya sudah berjalan beberapa tahun. Di Serbia saat pelatnas pun liga Serbia berjalan seru dan kompetitif hingga menghasilkan para atlet kelas dunia. Itu yang akan kami contoh,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Asisten Pelatih Timnas Polo Air Indonesia itu.

Nantinya, liga polo air akan berisikan sembilan klub, diantaranya, Milenium, JAQ, Pari Sakti, Bina Taruna, Tirta Kencana 78, Kusuma Harapan, Kuda Laut, ISA, dan Tirta Taruna. Sistem liga akan terbagi dua grup, round robin Grup A dan B. laga semifinal akan ditentukan melalui ranking secara keseluruhan dari 1-9 klub teratas.

“Total sistem per-Minggu kita akan mainkan setiap hari Selasa dari jam 7-9. Per-Minggu bakal ada dua gim. Total untuk pertandingn ada 10-11 Minggu. Grand final akan ada hari Sabtu. Karena jadwal bertabrakan dengan lebaran, pertandingan final akan dilangsungkan usai lebaran,” tutur Dean.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PRSI, Harlin Rahardjo, menyambut baik adanya gelaran liga polo air di Indonesia. ia berharap kedepannya di setiap provinsi lain nantinya bisa menggelar liga seperti di Jakarta.
“Jika Provinsi-Provinsi besar sudah bisa menggelar liga, kedepannya PRSI akan buat super league, turnamen yang mempertemukan tim-tim terbaik antar-provinsi,” tandas Harlin.

“Fasilitas yang ada sekarang sangat mendukung. Kami gunakan kolam ini untuk menggelar liga bisa konsisten, tak tabrakan dengan event lain karena kolam ini didesain untuk polo air,” pungkasnya.

Loading...