Makassar (Indo Times) –  Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) “Wirajaya” Di Makassar tengah merancang kursi roda elektrik. Proses pembuatannya dirancang langsung oleh penyandang disabilitas Penerima Pelayanan (PP) dalam Balai dan didampingi oleh para instruktur keterampilan otomotif dan Elektronik BRSPDF Wirajaya.

Nantinya kursa roda elektrik akan digunakan oleh PP yang memiliki keterbatasan fisik dibagian kakinya. Secara teknis, Kepala BRSPDF Wirajaya Makassar Syaiful Samad menjelaskan jika rancangan kursi roda tersebut menggunakan dinamo tenaga listrik yang bisa diisi ulang (Charger) dengan desain bantuan roda depan dan bisa di Gas layaknya sepeda motor. “kursi tersebut sudah diuji coba beberapa hari lalu, kami upayakan tahun ini bisa rampung dan segera dimanfaatkan oleh PP dalam Balai”, kata Syaiful.

Selain merancang kursi roda elektrik, untuk tahun anggaran 2020, BRSPDF Wirajaya juga memiliki beberapa program unggulan, salah satunya adalah program pelatihan kemandirian berbasis kemitraan. Program ini merupakan bentuk layanan Rehabilitasi Sosial Luar Balai, dimana nantinya akan melibatkan penyandang disabilitas serta akan dimitrakan dengan beberapa stakeholder, diantaranya bermitra dengan Dinas Sosial Kabupaten/Kota, begitupun dikerjasamakan dengan pelaku UMKMK. “para penyandang disabilitas akan dilatih membuat kerajinan seperti souvenir yang punya nilai jual dipasaran saat ini dan bahannya diambil dari bahan-bahan yang bisa didaur ulang”, Ujar Syaiful.

Loading...