JAKARTA, IndoTimes.co.id –  Kementerian Sosial terus menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19. Hari ini, pemulung juga dapat menikmati bantuan sosial dari pemerintah.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Edi Suharto menyalurkan bantuan sosial sebanyak 30 paket sembako, handsanitizer dan masker kepada keluarga pemulung di Perkampungan Pemulung Rawamangun yang terdampak Covid-19.

“Selain memberikan bantuan sosial yang regular, kita juga memberikan bantuan untuk warga terdampak Covid-19 berupa paket sembako. Bahkan kali ini kami juga memberikan handsanitizer dan masker agar mereka bisa tetap beraktifitas dengan tetap menjaga kesehatan,” ujar Edi Suharto

Kementerian Sosial terus menyalurkan bantuan sosial yang bukan hanya berasal dari pemerintah saja tetapi juga bekerjasama dengan pihak swasta, dan Yayasan/Lembaga berizin untuk melakukan pengumpulan sumbangan masyarakat. Antara lain seperti yang dilakukan oleh Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) SCTV Indosiar selaku Yayasan yang sudah memiliki izin dari Kementerian Sosial untuk melakukan pengumpulan sumbangan masyarakat yang hasil pengumpulan dananya, disalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Saya seneng sekali karena baru kali ini dapat bantuan dari pemerintah, terima kasih Bapak Jokowi, Bapak Menteri Sosial dan juga kepada petugas yang melakukan pendataan kepada saya,” ungkap Ibu Sarila yang suaminya bekerja sebagai pemulung.

“Kami terus melakukan penyisiran siapa-siapa saja yang belum mendapatkan bantuan sosial baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah DKI Jakarta selama pandemic Covid-19. Kami berharap bantuan sosial pemerintah dapat dirasakan hingga ke lapisan masyarakat terbawah,” ungkap Edi Suharto ketika bertemu para pemulung.

Dalam proses pendistribusian bantuan sembako, Kementerian Sosial melibatkan pilar-pilar sosial yaitu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang biasa berinteraksi langsung dengan masyarakat. Selain itu, TKSK juga melakukan pendataan calon penerima manfaat di wilayah kerja mereka berkoordinasi dengan aparat setempat, pemerintah daerah dan pilar-pilar sosial yang ada di Desa/Kelurahan seperti Karang Taruna dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

“Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah yang memperhatikan keluarga pemulung seperti kami. Dengan adanya bantuan ini kami merasakan betul perhatian pemerintah kepada kami,” ungkap salah satu keluarga pemulung.

Pada hari yang sama, hari ini 70 paket sembako juga disalurkan kepada buruh bangunan dan warga kurang mampu yang berdomisili di RT 05/ RW 04 Kelurahan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Bantuan sosial pemerintah diupayakan terus mengalir kepada siapapun warga yang terdampak oleh Covid-19 dan penyalurannya dibantu oleh TKSK CIlandak.

Dengan disalurkannya berbagai macam bantuan sosial dari pemerintah, diharapkan semua lapisan masyarakat dari berbagai profesi informal dapat terhindar dari dampak ekonomi yang disebabkan oleh Covid-19 ini.

Loading...