JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada PSSI untuk mempersiapkan skuat Timnas dalam rangka mengikuti ajang Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia pada tahun 2021 mendatang.

Demikian dikatakan Zainudin saat memberi keterangan pers kepada wartawan secara online, Selasa (26/5), terkait pertemuan Menpora dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) beberapa hari lalu.

Menurutnya koordinasi antara Kemenpora dengan PSSI terus dilakukan agar sukses sebagai tuan rumah nantinya. Diharap, persiapan Timnas Indonesia berjalan dengan baik meski ditengah pandemi Corona seperti saat ini. “Pemerintah pasti turun tangan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 nantinya. Kementerian terkait terus melakukan koordinasi dalam hal ini,” ujar Menpora.

Untuk persiapan Timnas tentunya menjadi kewenangan PSSI dan pelatih yang telah ditunjuk. “Kita harap nanti skuat Timnas baik ya, sehingga bisa berprestrasi tentunya. Perlu konsentrasi itu. Kita serahkan dan percayakan penuh kepada PSSI dan pelatih yang ditunjuk untuk persiapan Timnas menghadapi Piala Dunia U-20 2021,” kata Zainudin.

Zainudin juga menegaskan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 sudah menjadi komitmen buat Indonesia. Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut Menpora menegaskan jika tidak ada perubahan rencana perihal tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

Zainuddin memastikan pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait akan secara penuh turun tangan untuk membantu pelaksanaan dan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Termasuk di dalamnya renovasi dan perbaikan beberapa venue melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).
Menpora belum bisa memastikan apakah dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada Mei sampai Juni 2021 mendatang bakal berlangsung tanpa penonton. Keputusannya masih melihat situasi dan kondisi terkini wabah Covid-19 di Indonesia dan seluruh dunia.

“Tentu kami akan bicara dengan PSSI dan FIFA, berdasarkan kesepakatan bersama nanti seperti apa. Semua akan kami koordinasikan melalui Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Kemenpora untuk penyelenggaraannya,” tandas Zainudin.

Pada kesempatan itu, Menpora juga membahas kegiatan olahraga ditengah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Dampak dari wabah virus ini begitu besar untuk semua hal, termasuk juga olahraga. Akibatnya, kompetisi olahraga yang bergulir di tanah air terpaksa harus dihentikan sementara waktu.

Terkait bergulirnya kembali kompetisi tersebut, Menpora akan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. “Sekarang dalam situasi pandemi Corona. Kemenpora tentu tidak diam saja. Kita terus melakukan upaya-upaya ya, berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas, menunggu kapan dimulainya (kompetisi olahraga). Kita akan mengikuti keputusan yang diberikan oleh Tim Gugus Tugas, termasuk juga panduan-panduannya seperti apa nantinya,” pungkasnya.