Gantikan Aramco, Pertamina Cari Mitra Baru Bangun Kilang Cilacap
kilang (foto. ist)

, Indotimes.co.id – PT (Persero) mencari baru untuk membangun kilang di Cilacap. menyusul Saudi Aramco yang tidak lagi menjadi mitra dalam pembangunan kilang RDMP Cilacap.

“Pertamina mendapatkan surat resmi dari Saudi Aramco. Pertamina sendiri dalam hal ini sedang dalam proses mencari partner baru sambil menyiapkan segala sesuatunya,” kata  Direktur Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero) Ignatius Tallulembang dalam konferensi pers vitual dengan media massa di Jakarta, Jumat (5/6).

Menurut dia, sesuai kesepakatan di akhir tahun lalu pihaknya akan memperpanjang sampai April untuk melakukan suatu studi mereka melakukan analisa penawaran pembangunan kilang tersebut. Namun pihak Saudi Aramco dalam surat yang dikirim ke Pertamina menyatakan Aramco masih fokus pada hal-hal lain maka tak bisa bergabung dalam proyek kilang di Cilacap.

Diketahui, Pertamina tengah mengkaji peluang percepatan pembangunan bio refinary sebagai bagian RDMP di Cilacap. Pada 2021 diharapkan bisa operasi bio refinery di Cilacap dan meningkatkan kesanggupan Pertamina memenuhi standar Euro 4.