JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali menetapkan GBK Arena, sebagai markas atau Sekretariat dari INAFOC (Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee). Gedung megah yang berlokasi di Jalan Asia-Afrika Senayan Jakarta, akan menjadi pusat kegiatan kepanitaan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Zainudin Amali memutuskan hal itu, setelah melakukan peninjauan ke Gedung yang sebelumnya digunakan sebagai Markas dari Panpel Asian Para Games 2018 (INAPGOC) silam.

Didampingi Wakil KetuaUmum PSSI yang juga Wakil Ketua INAFOC, Iwan Budianto dan Direktur Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK-GBK) Winarto, Menpora meninjau sarana gedung yang dibangun terkait penyelengaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Zainuddin Amali yang juga menjabat sebagai Ketua INAFOC, mengungkapkan sebelumnya pihaknya ditawarkan oleh PPK-GBK beberapa lokasi di kawasan GBK (Gelora Bung Karno) yang akan dijadikan markas INAFOC. Namun, setelah meninjau langsung, Zainuddin mengaku terpincut dengan fasilitas yang tersedia di GBK Arena.

“Kehadiran kami adalah meninjau calon, tempat, sekretariat untuk panitia penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 nanti. Kami lihat gedung ini sangat memadai, karena pernah digunakan Asian Para Games 2018.” Ujar menteri asal Gorontalo itu.

Zainuddin Amali menambahkan, GBK Arena akan menjadi pusat kepanitiaan dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Tidak hanya kepantiaan saja, di GBK Arena ini juga akan dijadikan sebagai Main Press Center (MPC) untuk kegiatan peliputan Piala Dunia U-20 mendatang.

“Semua aktivitas kepanitiaan nantinya akan terpusat di gedung ini. Kepanitiaan INAFOC juga dipastikan akan dihuni beberapa lembaga yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing, seperti dari unsur Kemenpora, PSSI, serta pihak yang terlibat didalamnya,” tandas politikus Partai Golkar ini.

Piala Dunia U-20 2021 dijadwalkan akan berlangsung di Indonesia mulai 20 Mei sampai 11 Juni 2021mendatang. PSSI sudah menyampaikan enam venue yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2021.

Keenam venue tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Sementara perwakilan FIFA berencana datang ke Indonesia pada September mendatang untuk meninjau venue-venue yang tengah disiapkan oleh INAFOC.