PSSI Dapat Restu Satgas Covid-19 Gelar Kompetisi

JAKARTA, Indotimes.co.id – PSSI mendapat restu dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 untuk menggulirkan Kompetisi Liga Indonesia (Liga 1 dan Liga 2) pada Oktober mendatang.  Persetujuan dari  Satgas itu tetap dengan mengikuti aturan-aturan protokol kesehatan yang ada, termasuk tanpa penonton.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo,  khusus meminta arahan dan petunjuk untuk keberlangsungan kompetisi sepak bola Indonesia yang dalam planning PSSI akan digulirkan bulan Oktober mendatang.

“Prinsipnya beliau (Doni Monardo) memberikan dukungan kepada PSSI. Hanya ada beberapa hal yang harus disepakati oleh PSSI serta seluruh komponen sepak bola, termasuk suporter,” kata Mochamad Iriawan.

PSSI melakukan kunjungan ke Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Rabu (22/7). Pada kunjungan tersebut  jajaran PSSI yang dipimpin Mochamad Iriawan, diterima langsung oleh Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Pada kunjungan ini Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan didampingi anggota Komite Eksekutif Haruna Soemitro, Plt Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, Dokter Syarif Alwi, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, Direktur Bisnis PT LIB Rudy Kangdra, dan Direktur Keuangan PT LIB Anthony Chandra Kartawiria.  

Kepada Doni Monardo,  pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan kehadiran PSSI bertemu Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, khusus meminta arahan dan petunjuk untuk keberlangsungan kompetisi sepak bola Indonesia yang dalam planning PSSI akan digulirkan bulan Oktober mendatang.

Menurut Iriawan  tentunya PSSI menyepakati atau mengikuti aturan-aturan protokol kesehatan yang ada saat  Kompetisi Liga Indonesia yang akan bergulir bulan Oktober mendatang.

“Dalam konsep kami, tentunya protokol kesehatan nomor satu. Yang kedua karena ini kompetisi pada masa Covid-19 tentunya kita mengikuti beberapa liga yang ada di dunia yaitu tanpa penonton. Pak Doni Monardo menyepakati atau memberikan izin kepada kami untuk itu, namun protokol kesehatan tentunya menjadi yang utama dalam hal ini,” jelas Iriawan

Pada kesempatan ini, PSSI juga memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sejumlah 1.200 APD. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Munardo.

“Ada hal yang sangat mengembirakan buat kami, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa beliau akan membantu nanti pada saat bergulirnya kompetisi untuk memberikan bantuan swab test kepada PSSI, ini suatu hal yang menggembirakan buat kami. Mohon doa dan dukungannya agar kompetisi bisa bergulir dengan tepat waktu nanti, dengan protokol kesehatan yang kami utamakan,” tukas pria yang juga pernah menjadi Kapolda Metro Jaya, Jawa Barat, dan NTB itu.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengapresiasi dan mendukung PSSI yang ingin kembali melanjutkan kompetisi Liga Indonesia. Ia pun ingin liga bergulir dengan syarat menerapkan protokol kesehatan dan akan mendukung dengan memberikan bantuan swab test kepada PSSI

“Kami memberikan pesan serta minta bantuan kepada Ketua Umum PSSI dan jajaran pengurus PSSI untuk memanfaatkan momentum liga ini, sebelum kegiatan dimulai untuk mengajak seluruh suporter yang menonton lewat streaming, televisi dan lain-lain tentang pentingnya ketentuan protokol kesehatan. Melalui sepak bola, kami berharap ada satu kampanye yang dimulai dari olahraga. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada PSSI atas donasi APD yang diberikan, selanjutnya akan disalurkan kepada tenaga medis dan bagi yang membutuhkan,” pungkas  Doni Monardo.