Kepala LPPMP UBJ Dorong Semua Dosen Tetap Selesaikan BKD Meski Masa Pandemi

JAKARTA, Indotimes.co.id – Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi, Ir. Djuni Thamrin, M.Sc., Ph.D. memberi motivasi kepada seluruh Dosen Tetap Universitas Bhayangkara Jakarta Raya untuk terus menyelesaikan Beban Kerja Dosen di tengah Pandemi Covid-19, khususnya pada aspek Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Karya Ilmiah.

Menurutnya, kondisi pandemi memang tidak mudah bagi Dosen untuk melakukan tiga hal tersebut mengingat kondisi yang serba membatasi Dosen untuk beraktivitas. Tetapi, lanjut Djuni, beban tersebut harus tetap dilaksanakan.

“LPPMP UBJ telah mengadakan sosialisasi BKD Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Plublikasi yang mengikutsertakan semua Dosen Tetap UBJ, Tiga hari kita bagi untuk 6 Fakultas yang ada,” terang Djuni saat ditanya tentang upaya LPPMP dalam membantu Dosen Tetap pada masa pandemi.

Dijelaskan Djuni, Kampus apapun yang ingin menaikkan prestasinya, atau setidak-tidaknya mempertahankannya, maka Penelitian, Abdimas dan Publikasi harus tetap dilakukan oleh Dosen.

“Kampus yang bercita-cita untuk menjadi unggulan, termasuk kampus ternama di dunia, mewajibkan Dosennya untuk melakukan research. Kita kenal dengan sebutan Kampus berbasis research, maka dari itu LPPMP UBJ mendorong Dosen untuk rajin melakukan itu,” Djuni menambahkan.

Dan bagi Dosen yang tidak siap untuk itu, tutur Djuni, maka bersiaplah menjadi artefak di kampus. Tidak menjadi Dosen pelopor lahirnya kampus bernuasa intelektual.

“Dosen itu sekelompok orang yang harus menjadi pelopor terbangunnya kampus berbasis intelektual, maka yang harus dilakukan oleh Dosen adalah penelitian,” pungkas Insinyur IPB itu.