JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta kalangan pemuda dan seluruh stakeholder olahraga di tanah air untuk tetap bersmangat, ditengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

“Semua tahu, sampai saat ini pandemi Covid-19 masih ada, tetapi bapak presiden menyampaikan kepada kami semua agar tidak boleh kehilangan semangat, tidak boleh berkurang rasa syukur terhadap kemerdekaan bangsa Indonesia sekarang ini. Mudah-mudahan tahun depan sudah kembali normal,” ujar Zainudin seusai mengikuti upacara kemerdekaan RI ke-75 secara virtual di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin (17/8).

Menurutnya, kita semua baru saja mengikuti upacara detik-detik proklamasi peringatan 75 tahun kemerdekaaan Republik Indonesia. Walaupun pelaksanaanya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tetapi tidak mengurangi hikmat dari acara tersebut. “Kami dari Kemenpora mengikuti dari kantor secara virtual, yang langsung merujuk peringatan oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara,” kata Zainudin.

Suasana detik-detik peringataan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia kali ini memang berbeda dan ada di tengah keprihatinan, semua yang terlibat dalam upacara jumlahnya terbatas. Begitu juga di Kemenpora berlangsung penuh khidmat sesuai dengan protokol kesehatan itu, diikuti seluruh jajaran Eselon I, Tenaga Ahli Menteri, dan para Staf Khusus.

Pada kesempatan itu Menpora juga berpesan untuk semangat pemuda dan olahraga, 75 tahun ini menurutnya bukti bahwa perjalanan bangsa Indonesia sudah cukup panjang. “Untuk olahraga ke depan pada saat peringatan 100 tahun kemerdekaan, sudah meningkat baik kebugaran masyarakatnya serta prestasi olahraganya. Demikian juga dengan pemuda, harus kembangkan terus inovasi dan kreativitas dibidang kepemudaan,” kata Zainudin.

Menteri asal Gorontalo ini juga mengingatkan pentingnya pembentukan metal dan karakter pemuda Indonesia menghadapi perkembangan zaman. “Harus membudayakan hal-hal positif yang menjadi budaya Indonesia di kalangan pemuda, jadi pembudayaan karakter, khususnya tentang penanaman nilai-nilai ideologi bangsa dan ideologi Pancasila. Ini menjadi kewajiban kami dari Kemenpora RI yang memiliki dua tugas besar untuk olahraga dan pemuda,” tandasnya.

Kepada seluruh pejabat dan pegawai yang ada di Kemenpora, Zainudin menginginkan memaknai peringatan kemerdekaan Indonesia kali ini. “Makna 75 tahun ini bagi kami di Kemenpora, kami harus segera mungkin persiapkan kebugaran masyarakat, untuk prestasi olahraga, dan tentu menyiapkan secara mental dan spiritual untuk menjadi generasi muda penerus bangsa,” pungkasnya.