JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memotivasi para punggawa Timna U-19 sebelum berangkat melakukan Training Camp (TC) di Kroasia. Didampingi Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, Menpora menyambangi pasukan Shin Tae-yong yang menjalani sesi latihan terakhir di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (28/9).

“Saya hari ini datang untuk melihat persiapan dari Timnas U-19 untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021, dan saya sudah mendapat laporan dari Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafrie mengenai perkembangan pemain,”ujar Zainudin Amali, seusai mendapat penjelasan dari Indra Sjafri, terkait TC Timnas U-19.

Menurut Zainudin pihak optimis dengan program TC Timnas U-19, dia juga berharap para pemian terus bersemangta menjalani program latihan, temasuk TC di luar negeri nantinya, di Kroasia mapun negara lainya nanti. “Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa dengan anak-anak ini, jangan sampai mereka cedera. Informasi dari Pelatih Shin Tae-yong sendiri progres para pemain sudah bagus, terutama dari perkembangan fisik dan mental mereka. Teman-teman bisa lihat latihanya juga luar biasa, keras dan berat, tapi anak-anak tetap enjoy,” tandasnya

Zainudin menegaskan, sebagai perwakilan dari pemerintah, pihaknya terus mendukung program Timnas U-19 menghadapi persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti. Termasuk mengenai setelah melakukan TC di Kroasia, apakah mereka akan mengikuti Piala AFC di Uzbekistan jika jadi, atau akan ke negara lain untuk melakukan pemusatan latihan.

“Pemerintah akan memberi dukungan, semua untuk Timnas ada di tangan PSSI. Saya datang sebelum mereka berangkat ke Kroasia, selanjutanya setelah dari Kroasia akan kemana itu semua kami serahkan kepada PSSI. Apapun keputusan dari PSSI dan pelatih, pemerintah akan mendukung sepenuhnya. Mudah-mudahan anak-anak kita dalam kondisi yang tetap bugar dan tidak terjadi apa-apa,” tegas politikus Partai Golkar ini.

Sementara Ketum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan dirinya bersama Menpora datang langsung melihat latihan Timnas U-19, sebelum mereka berangkat ke Kroasia untuk melakukan Training Camp (TC).” Mereka di Kroasia kurang lebih 1 bulan, akan ada beberapa pertandingan persahabatan dengan Bulgaria, Kroasia, Arab Saudi dan informasi terakhir Qatar juga akan ikut melakukan laga uji coba dengan Timnas U-19,” katanya

“Kalau Piala AFC batal, kita akan melanjutkan TC kembali, kalau tidak di Turki, Spanyol atau Portugal. Saya harap mereka meningkatkan skill nya, sehingga nanti kita prediksi performa mereka akan terus naik. Hasil diskusi dengan Pelatih Shun Tae-yong, mental dan fisik pemain sudah cukup baik. Kami mohon doanya mereka bisa melakukan TC dengan baik, lancar, sukses sesuai dengan harapan masyarakat Indonesia,” pungkasnya.