Batal ke Piala Asia U-19 di Uzbekistan, Timnas Bidik TC Lanjutan di Eropa

JAKARTA, Indotimes.co.id –Timnas U-19 Indonesia tengah membidik menggelar pemusatan latihan (TC) lajutan di daratan Eropa, menyusul kabar batal perhelatan Piala Asia (AFC) U-19 2020 di Uzbekistan 14-31 Oktober mendatang.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meninjau latihan terakhir Timnas U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (28/8), sebelum mereka berangkat berlatih ke Kroasia, Sabtu (29/8) malam.

Menurutnya PSSI tetap memutuskan Timnas U-19 menjalani TC di Kroasia selama satu bulan, meski Piala Asia U-19 di Uzbekistan bakal digelar. Namun sebagai gantinya PSSI akan melakukan TC di Eropa, ada negara yang akan menjadi pilihan pasukan Shin Tae Yong berlatih, seusai TC di Kroasia.

“Sejauh ini ada tiga negara yang akan menjadi tempat TC lanjutan Timnas U-19, yaitu Turki, Spanyol dan Portugal. Baru Turki yang telah menunjukan respon positif terhadap rencana itu, dua negara lainnya Spanyol dan Portugal tengah dijajaki, PSSI terus komunikasilewat surat epada federasi sepakbola kedua negara tersebut,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Iwan Bule menjelaskan sejuah ini pihaknya memang telah menerima pemberitahun pebatalan gleran Piala Asia U-19 dari pihak Federasi Sepak bola Uzbekistan (UFA). “Namun demikian kami tetap menunggu pemberitahuan resmi dari Konpederasi Sepak bola Asia (AFC) pada tanggal 8 Septermber mendatang,” ungkap mantan Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar itu.

Piala Asia U-19 merupakan babak kualifikasi untuk bermain pada Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Namun dampak pandemic, menjadi alsan pihak tuan rumah Uzbekistan menunda parhelatan akbar tersebut.

Menurut Iwan Bule, pilihan berlatih di Kroasia, sebelum tampil di Uzbekistan, dikarenankan faktor cuaca di Kroasia hampir sama dengan cuaca di Uzbekistan. Dijadwalkan Timnas Indonesia U-19 akan menggelar pemusatan latihan (TC) di Kroasia mulai akhir Agustus mendatang. “Kroasia juga sekarang ranking enam di FIFA. Sehingga pemain bisa TC dan uji coba dengan baik di sana,” imbuhnya.

Selama menjalani TC selama sebulan di Kroasia, Tim ‘ Garuda Muda” akan mengelar uji coba laga internasional, menghadapi tuan rumah Kroasia, menghadapi Bulgari, dan Arab Saudi, serta tambahan menghadapi Timnas Qatar.

“Kalau Piala Asia U-19 di Uzbekistan ditunda, kami sudah siapkan untuk melanjutkan TC kembali antara ke Turki, Spanyol atau Portugal. Kami sedang tunggu konfirmasi dari federasi masing-masing.Kami sudah korespondensi dengan federasi Turki, Spanyol dan Portugal. Keinginan Shin Tae Yong ke Portugal, tapi sekarang baru federasi Turki yang merespons.” Pungkas Iwan Bule.