Presiden Minta Menpora Rancang Ulang Sistem Pembinaan Olahraga Nasional

JAKARTA, Indotimes.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk merancang ulang seluruh sistem pembinaan olahraga nasional, agar prestasi olahraga dapat diperbaiki.

“Saya pesan kepada Menpora, KONI, KOI untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 Tahun 2020 dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/9).

Jokowi menilai, manajemen olahraga yang tidak tepat menyebabkan olahraga nasional masih kurang berprestasi hingga saat ini. Karena itu, seluruh manajemen olahraga harus dikaji total, termasuk tata kelola pembinaan para atlet yang harus bersinergi dari daerah hingga pusat dan dari lembaga pendidikan umum hingga lembaga pendidikan olahraga.

“Ekosistem nasional untuk prestasi olahraga harus direview total. Saya minta tata kelola pembinaan atlet direview total. Rancang tata kelola pembinaan atlet yang tersinergikan dengan baik, dari daerah sampai pusat,” ujarnya.

Jokowi juga meminta agar sinergi antara organisasi cabang olahraga ditingkatkan hingga ke Kemenpora. Ia juga meminta agar iptek dimanfaatkan tak hanya untuk pengembangan pusat pelatihan yang berbasis science, tetapi juga untuk pengembangan manajemen baru yang lebih baik. “Kembangkan sistem informasi dan big data analytic yang bisa mendeteksi calon-calon atlet yang berkualitas,” imbuhnya.

Presiden juga mengingatkan, sebagai negara yang besar, Indonesia harus mempunyai nama besar di kompetisi berbagai cabang olahraga di arena internasional. “Saya minta kepada Menpora untuk segera mengajak semua pihak yang terkait untuk merancang ulang sistem pembinaan atlet kita secara besar-besaran. Dan segera melaporkan hasilnya kepada saya,” tandas Jokowi.

Sebelumnya Menpora Zainudin Amali, dalam sambutanya dihadapan presiden dan para undangan yang hadir di GOR POPKI Cibubur Jakarta Timur, Rabu (9/9) malam, mengatakan pada tahun ini, Haornas dilaksanakan untuk perayaan ke-37 kali. Haornas kali iniI mengusung tema “Sport Science, Sport Tourism, Sport Industry”.

Peringatan Haornas kali ini menjadi momen bagi para pelaku olahraga untuk berikrar bersama menyampaikan kesiapan menjalankan pembinaan dan pengembangan olahraga dengan pemanfaatan sport science, sport tourism, dan sport industry.

Pada kesempatan itu Menpora menyampaikan pemberian penghargaan olahraga kepada pembina olahraga, penggerak olahraga dan pelaku olahraga berprestasi tahun 2020.

Penghargaan diberikan kepada berbagai tokoh yang berprestasi, yaitu Ir Airlangga Hartanto MBA MMT (Pembina Olahraga), Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono MSc PhD (Pembina Olahraga), DR Edy Prabowo MM MBA (Pembina Olahraga), Mayhen (Pur) Joko Pramono (Pembina Olahraga), Dr drh H Rohidin Mersyah MMA (Pembina Olahraga), Drs H Longki Djanggola M Si (Pembina Olahraga), Herdrar Pribadi SE MM (Pembina Olahraga), Harry Warganegara (Pembina Olahraga), Tri Suswati Karnavian (Penggerak Olahraga), Letjen TNI Joni Supriyanto (Penggerak Olahraga), Jonifirdaus Effendi (Pelatih), Dr Komarudin M Si (Dosen), Prof Nur Hasan M Kes (Dosen), Suryopratomo (Media), Edgar Savier Marvelo (Insan Olahraga), Ni Nengah Widiasih (atlet). Chanda Wijaya (atlet), David Jacobs (atlet).