Pengunduran PM Selandia Baru Mengejutkan Publik

WELLINGTON, Indotimes.co.id – Perdana Menteri Selandia Baru John Key secara tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya pada Senin (5/12/2016).

John Key mengundurkan dirinya setelah menjabat selama lebih dari delapan tahun, seperti dikutip BBC News, Senin (5/12/2016).

Dikenal sebagai pemimpin yang populer, Key telah memenangkan masa jabatan ketiga untuk Partai Nasional pada pemilihan umum pada bulan September 2014. Sebelumnya, ia telah menyatakan tidak akan bertarung dalam pemilu 2017.

Dalam konferensi persnya, John Key menyatakan, keputusannya yang mengejutkan itu karena alasan keluarga.

Key mengatakan bahwa dia akan memilih wakilnya yang merangkap sebagai menteri keuangan Bill English untuk meneruskan kedudukannya.

Key merupakan mantan penyedia pertukaran asing yang bekerja di sejumlah perusahaan seperti Merrill Lynch, mendapatkan kedudukannya untuk Partai Nasional pada 2008, mengakhiri pemerintahan Helen Clark sebelumnya dari Partai buruh.

Terkait keputusan Key, Partai Nasional akan mengadakan pertemuan pada 12 Desember mendatang untuk menunjuk pemimpin partai dan perdana menteri yang baru. (chr)

Loading...