JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, memutuskan Timnas Indonesia U-19 batal menggelar pemusatan latihan atau Training Camp (TC) di Turki. Pasukan Shin Tae-yong akan tetap melanjutkan program latihan di Kroasia hingga akhir Oktober mendatang.

“PSSI memutuskan Timnas U-19 terus melanjutkan TC di Kroasia. Mereka tidak jadi ke Turki karena belum ada kepastian lawan uji coba. Kami sudah mempersiapkan lawan-lawan uji coba yang berkualitas untuk timnas U-19 selama bulan Oktober ini di Kroasia,” kata Mochamad Iriawan, sebagaimana dikutip laman PSSI, Jumat (2/10).

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule ini, pihaknya memutuskan untuk melanjutkan TC di Kroasia, karena hasil evaluasi yang dilakukan PSSI para pemain selama TC disana mengalami perkembangan positif.

“Saya senang pemain terus meningkat kemampuannya dan berproses dengan baik. PSSI akan terus mendukung program pelatih Shin Tae-yong demi torehan hasil yang maksimal timnas U-19,” jelas Iwan Bule.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, menjelaskan kalau timnas U-19 batal TC ke Turki, karena PSSI hingga saat ini belum menerima respon dari Federasi Sepak Bola Turki (TFF) untuk bisa menggelar TC di sana.

Karenanya PSSI memutuskan untuk melanjutkan TC di Kroasia, yang selama ini dinilai cukup berhasil. Timnas Indonesia U-19 sudah melakukan TC di Kroasia sejak 30 Agustus 2020.

Selain menjalani TC, skuat Garuda Muda saat ini sudah menjalani tujuh laga uji coba di Kroasia melawan Bulgaria U-19 (0-3), Kroasia U-19 (1-7), Arab Saudi U-19 (3-3), serta dua kali melawan Qatar U-19 (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina U-19 (0-1), dan Dinamo Zagreb U-19 (1-0).

Yunus Nusi menambahkan TC lanjutan di Kroasia, PSSI bakal mencari tempat yang lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya terutama pada kualitas rumputnya.

“Untuk di Kroasia memang masih lanjut TC Timnas Indonesia U-19 di sana. Tapi pindah daerah saja, kita cari lapangan yang sedikit bagus,”imbuhnya.

Selain itu PSSI juga tetap mengupayakan agar Skuat Garuda Muda bisa tetap melakukan laga uji coba saat melanjutkan TC di Kroasia. Komunikasi pun masih dilakukan PSSI dengan beberapa Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) agar tim asuhan Shin Tae-yong ini mendapatkan lawan.

“Kita masih dalam proses komunikasi dengan federasi lain untuk bisa laga uji coba dengan Timnas Indonesia U-19. Muda-mudahan Timnas Indonesia U-19 tetap bisa menjalani uji coba,” pungkasnya.