JAKARTA, Indotimes.co.id – Nasib Kompetisi Bola Basket Indonesia atau Indonesian Basketball League (IBL) akhirnya mengikuti nasib Kompetisi Liga 1 di cabang sepak bola yang batal digelar. Tidak keluarnya izin dari pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri), karena masih tingginya pandemi covid-19, membuat lanjutan IBL Pertamax 2020 yang semula akan digelar pada 13-27 Oktober akhirnya dibatalkan.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsjah, saat jumpa pers secara virtual dengan media, Rabu (7/10) mengatakan, setelah berkomunikasi dengan pihak terkait, rencana kelanjutan IBL 13-27 Oktober 2020 yang rencananya digelar di Mahaka Arena Jakarta dibatalkan.

“Sebenarnya persiapan sudah tahap final. Tetapi kami ingin dukung pemerintah dalam menyelesaikan masalah covid-19. Setelah diskusi dengan klub musim 2020, kami batalkan mengingat situasi. Ini adalah keputusan terbaik, kesehatan dan keselamatan prioritas utama,” jelas Junas.

Menurut Junas pihaknya berterima kasih kepada seluruh klub pesrta maupun stakeholder yang sudah melakukan persiapan dengan mematuhi protokol kesehatan. Pembatalana ini adalah keputusan terbaik, yang dapat diterima dan dipahami semua pihak.

Sebelum menggelar jumpa pers, pihak IBL bersama PB Perbasi mengadakan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Kantor Kemenpora Jakarta, Rabu (7/10).

Pertemuan tersebut membahas dibatalkannya lanjutan kompetisi IBL, menyusul todak keluarnya izin dari pihak Polri. Menpora dapat memahami keputusan yang diambil PB Perbasi dan IBL terkait pembatalan yang dilakukan ini.

Zainudin juga menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada PB Perbasi dan IBL mengenai kelanjutan hal ini, apakah IBL akan tetap melanjutkan kompetisi, atau sebaliknya mebatalkan kompetis IBL tahun ini.

Menteri asal Gotontalo ini menambahkan, tentang kelanjutan IBL 2020, pemerintah dalam hal ini Kemenpora tidak ikut campur. “Pemerintah tidak ikut campur, itu diputuskan oleh IBL atas restu Perbasi, kami hanya memfasilitasi.” tandasnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya PSSI dna PT LIB selaku operator Komepetisi Liga 1 dan Liga 2 akkhirnya menunda lanjutan kompetisi karena tidak keluarnya izin dari pihak Polri. Namun baik PSSI dan PT LIB memutuskan untuk menunda kompetisi pada November 2020 mendatang, dengan berbagai pertimbangan.