Kemenpora Kucurkan Rp 1,2 Miliar untuk Dana Pelatnas Aquatik

JAKARTA, Indotimes.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengucurkan dana sebesar Rp 1,2 Miliar untuk Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) untuk dana fasilitas pelatnas Olimpiade Tokyo 2021 dan SEA Games 2021.

Hal itu terealisasi, menyusul dilakukannya Memorandum of Understanding (MoU) pemberian bantuan dana pelatnas dan pembinaan jangka panjang antara Kemenpora dengan induk cabang olahraga aquatik, yang membawahi olahraga renang, polo air, loncat indah dan renang indah, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (12/10).

Penandatanganan yang dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Yayan Rubaeni dengan Sekretaris Jenderal PRSI Ali Patiwiri, disaksikan secara virtual oleh Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PRSI Anindya Bakrie.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bakti, mengatakan, dari hasil review dan seleksi administrasi dan RAB oleh tim yang dibentuk PPK pada 24 September 2020 dengan hasil usulan anggaran Rp1.596.000.000 dan disetujui bantuan sebesar Rp1.201.800.000.

Menurutnya dari total bantuan Rp1,2 miliar untuk PB PRSI itu meliputi dana pelatnas bagi enam atlet, dua pelatih, dan empat tenaga pendukung untuk mengikuti pelatnas Olimpiade dan pembinaan jangka panjang, termasuk persiapan SEA Games 2021 Vietnam.

Komponen dana fasilitas yang diberikan meliputi honorarium, akomodasi, tes PCR, tiket pemanggilan dan pemulangan atlet, suplemen, serta asuransi BPJS Ketenagakerjaan yang diperuntukan bagi manager, atlet, pelatih dan tenaga pendukung.

Mekanisme penyaluran dana dilakukan melalui transfer dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) ke rekening penerima bantuan sebesar 100 persen dari total bantuan.

Chandra Bakti menegaskan, pihaknya mengimbau kepada induk organisasi cabang olahraga untuk menggunakan anggaran sesuai perjanjian. Jika menemukan kesulitan terkait penggunaan anggaran, Kemenpora, lanjut Chandra, siap memberikan pendampingan agar pengelolaan dana bantuan digunakan sesuai ketentuan.

Sementara itu Ketua Umum PB PRSI Anindya Bakrie ucapkan terima kasih kepada Menpora RI yang tak putus memberikan perhatian kepada pembinaan atlet aquatik, khususnya cabang olahraga renang untuk pelatnas persiapan Olimpiade Tokyo 2021. “Pelatnas renang mempersiapkan atletnya untuk mengejar target limit A sebagai syarat atlet renang mengikuti olimpiade,” tandasnya.