JAKARTA, Indotimes.co.id – PSSI memutuskan untuk menggelar kembali lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 pada bulan November mendatang. Keputusan itu diambil pada pertemuan antara PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, dan seluruh klub peserta Liga 1 serta Liga 2, di Yogyakarta, Selasa (13/10).

Pertemuan tersebut melahirkan tiga poin penting, salah satunya adalah tetap melanjutkan kompetisi musim 2020, pada awal November 2020. Langkah ini dilakukan demi kepentingan Timnas Indonesia U-19/U-20 di Piala Dunia U-20 2021.

“Apresiasi dan ucapan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Republik Indonesia (RI) dalam hal ini Bapak Presiden RI (Joko Widodo) yang telah mendukung percepatan pembangunan persepak bolaan nasional
terima kasih yang sebesarnya,” bunyi poin pertama.

“Klub sepakat kompetisi ini dilanjutkan dengan tujuan untuk kepentingan Timnas ke depan agar, bisa bersaing pada perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2021,” bunyi poin kedua.
“Bergulirnya Kompetisi lanjutan menghidupkan sektor Ekonomi, antara lain sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan akan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam penyebaran Covid-19,” bunyi poin ketiga.

“Klub sepakat untuk dilanjutkannya kompetisi pada 1 November 2020 dengan semangat, Memajukan Sepak Bola Nasional. Liga 2 tinggal ikutin saja. Jakarta pun PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sudah dibuka. Semoga ini menjadi hal yang baik,” kata Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, seusai pertemuan.

Nantinya, Liga 1 2020 kembali bergulir pada 1 November 2020. Kemudian disusul Liga 2 2020 beberapa minggu setelahnya.

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB menunda lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020, karena tidak dapat izin keramaian dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Adapun alasan penundaan, karena tingkat penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Indonesia yang masih masif.

Semula lanjutan Kompetisi Liga 1 akan digulirkan pada pada 1 Oktober 2020 lalu di Yogyakarta. Sedangkan Liga 2 pada 17 Oktober mendatang.