JAKARTA, Indotimes.co.id – KONI Pusat akhirnya mengeluarkan surat keputusan (SK) perihal desakan Munaslub ISSI kepada Pengurus Besar Ikatan Sepeda Indonesia (PB.ISSI). SK nomor 949/ORG/2020 tertanggal 15 Oktober yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman itu merupakan tindak lanjut dari adanya pertemuan antara Forum Pengprov ISSI se-Indoneaia dengan Bidang Organisasi KONI Pusat, Jumat, (2/10) lalu.

Intinya SK KONI Pusat itu dilandasi oleh beberapa pertambingan dasar diantaranya, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KONI Pusat, AD/ART PB.ISSI, surat pernyataan sikap dari 22 Pengprov ISSI atas pengunduran diri Ketua Umum PB.ISSI yang diajukan kepada PB.ISSI tertanggal 27 Juni 2020 dan tembusannya disampaikan kepada KONI Pusat.

Dalam SK KONI Pusat yang tembusannya kepada Menpora itu juga dipertegas bahwa Munaslub ISSI yang prinsipnya memilih Ketua Umum dan pengurus baru tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya menjaga kesinambungan pembinaan yang tertib dan terarah khususnya pembinaan prestasi yang dilaksanakan di setiap Pengprov.

Pertimbangan lainnya yang tak kalah penting adalah, KONI Pusat menilai bahwa Ketua Umum PB.ISSI yang telah menjadi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan lebih fokus dan konsentrasi melaksanakan tugas yang lebih dan sangat penting serta strategis dalam menghadapi berbagai multi even olahraga internasional khususnya di tahun 2021 yakni Olimpiade Tokyo dan SEA Games Vietnam.

SK KONI Pusat ini pun semakin melicinkan jalan Forum Pengprov se-Indonesia untuk menggelar Munaslub ISSI pada 17-18 Oktober 2020 mendatang di Hotel Aston Kartika Jakarta. Munaslub di Hotel Aston ini setidaknya diharapkan mengakhiri polemik berkepanjangan di tubuh PB.ISSI.

Munaslub yang diprakarsai Forum Pengprov itu hanya memiiliki satu agenda yakni memilih Ketua Umum PB.ISSI periode 2020-2024. Dan Forum Pengprov sudah mengantongi satu nama sebagai calon ketua umum yakni Letjen TNI (Purn) Tatang Sulaiman.