Batal Uji Coba Lawan Bosnia, Timnas U-19 Jalani Laga Internal

JAKARTA, Indotimes.co.id – Tim nasional (Timnas) Indonesia U-19 memutuskan untuk menjalani laga internal pada Jumat (23/10) di Stadion Sloga Mravince, Split, Kroasia. Laga sesama penggawa ‘Garuda Muda’ ini sebagai pengganti pertandingan uji coba menghadapi Bosnia-Herzegovina yang tak bisa terlaksana karena ada kasus Covid-19 di skuat lawan.

Pelatih Shin Tae-yong, memutuskan hal itu untuk menjaga perporma para pemain, menyusul batalnya laga uji coba melawab Bosnia. Sekaligus memberikan kesempatan tampil kepada seluruh squad Timnas U-19 yang menjalani TC di Kroasia.

“Kami memilih untuk melakukan pertandingan internal pada 23 Oktober. Kami sudah menyiapkan skema untuk laga ini,” kata pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Kamis (22/10).

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, dia akan menurunkan semua pemain timnas U-19 dalam pertandingan tersebut. Sebab, Shin ingin melihat perkembangan performa seluruh pemain setelah menjalani latihan dan laga-laga uji coba.

Pelatih yang sukses menukangi timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menjamin meski berstatus internal, laga itu akan berlangsung dengan atmosfer pertandingan kompetitif. Semua pemain nantinya mengenakan seragam kandang dan tandang timnas Indonesia yang masing-masing berwarna dasar merah dan putih. Pertandingan akan dipimpin oleh wasit dari Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS).

Timnas U-19 berada di Kroasia sejak akhir Agustus 2020 untuk menjalani pemusatan latihan (TC). Sejauh ini, mereka sudah menjalani 11 pertandingan uji coba dengan hasil lima kali menang, tiga kali seri dan tiga kali kalah.
TC tersebut menjadi persiapan menuju Piala Asia U-19 yang rencananya dilaksanakan pada awal tahun 2021 di Uzbekistan. Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.