JAKARTA, Indotimes.co.id – Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sepakat bahwa kompetisi sepakbola di Tanah Air harus terus betlanjut, meski di tengah pandemi Covid-19

Hal itu terungkap dari webinar
yang dilgelar oleh salah satu media online ‘Baca Berita’ (Babe), Selasa (27/10).

Keduanya satu suara dan sepakat agar kompetisi di Indonesia harus segera bergulir, meski di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali yang hadir sebagai narasumber dalam webinar tersebut bersama legenda timnas Indonesia era 90-an, Kurniawan Dwi Yulianto.

Dalam sesi tersebut, Mochamad Iriawan menyampaikan pemaparannya mengenai road map persiapan Tim Nasional Indonesia U-19 yang nantinya akan bermain di Piala Dunia U-20 tahun 2021, yang sudah dilakukan dan yang nantinya akan dilakukan oleh timnas U-19 di bawah asuhan pelatih kepala Shin Tae-yong.

“Kami masih berharap kompetisi bisa segera bergulir. Pelatih juga sudah punya road map sendiri. Piala Dunia menunjukkan kalau Indonesia dapat sukses menjadi tuan rumah yang baik dan berprestasi. Untuk itu, kompetisi harus berjalan, karena muara dari kompetisi nantinya ke timnas. Dengan kompetisi, pemain juga bisa merasakan atmosfer sesungguhnya dalam suatu pertandingan,” tutur Iriawan.

“Kami sudah punya panduan protokol kesehatan (untuk kompetisi). Protokol kesehatan sudah dibuatkan bukunya. Memakai masker, dll sudah dilakukan saat pemain timnas melakukan TC baik di Indonesia maupun luar negeri, jadi untuk melakukan kompetisi, perlakuannya akan sama dan ketat,” tegasnya.

Sejalan dengan perkataan Iriawan, Menpora Zainudin Amali pun mendukung agar kompetisi di Indonesia dapat berjalan kembali. “Seperti yang sudah dikatakan oleh Ketum PSSI, bahwa dengan persiapan yang sudah dilakukan oleh federasi, mengenai persiapan kompetisi, dengan menerapkan protokol kesehatan, maka betul, kompetisi harus segera diputar. Kompetisi pun juga dibutuhkan untuk perkembangan kemampuan pemain nantinya agar mereka siap di Piala Dunia,” imbuhnya.

Sementara itu, Kurniawan Dwi Yulianto juga mengatakan hal yang sama. Mantan pemain timnas itu menyampaikan pesan untuk para pemain yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 nanti.

“Pemain harus membuktikan bahwa talenta dari Indonesia bagus. Pemain harus mengembangkan diri, banyak talent scouting, jadi mereka harus berusaha. Bersama klub yang bermain di kompetisi, mereka bisa mulai untuk mengasah kemampuan sepak bolanya demi menghadapi Piala Dunia nanti,” tandas Kurniawan.

Sebelumnya pelatih Timnas U-19,
Shin Tae-yong mengutarakan keinginanya agar kompetisi Liga 1 dab Liga 2 bisa bergulir secepatnya.

Juru taktik asal Korea Selatan ini menilai kompetisi sangat diperlukan bagi para pemain Timnas U-19 untuk menjaga performa mereka., selepas dari TC.

Jika nanti TC berlanjut, maka para pemain Timnas U-19 sudah dalam kondisi fisik yang terjaga, karena mereka tetap menjalani latihan rutin bersama klub mereka masing-masing.