Batal ke Prancis, Timnas U-19 Incar Tiga Negara untuk TC Lanjutan

JAKARTA, Indotimes.co.id –  Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan kembali mengrimkan Tim Nasional (Timnas) U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) di luar negeri. Induk organisasi sepak bola di Tanah Air ini berencana mngirimkan ‘Tim Garuda Muda’ tersebut  berlatih ke Belanda, Jeoanf ataupun Korea Selatan.

Hal tersebut diutarakan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan,  seusai menyambut kedatangan kembali Timnas U-19  di Hotel Fairmont, Senayan Jakarta, Selasa (27/10) malam.

Iriawan memastikan, program Timnas Indonesia U-19 untuk TC ke luar negeri akan berlanjut.  Kali ini  tiga negara jadi opsi pengganti Prancis., yang batal terlaksana, akibat meningkatnya  penyebaran kasus Covid-19 di negara tersebut.

Menurutnya ketiga negara itu adalah Belanda, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel). Pihaknya akan memutuskannya setelah diskusi dengan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Meskipun demikian,  orang nomor satu di PSSI ini berharap TC lanjutan Timnas U-19 ini bisa terlaksana di negara Belanda.

“Di dalam keputusan nanti, kami  berharap bisa TC di Belanda.  Kenapa ke Belanda karena di sana banyak tim-tim bagus. Kedua Shin Tae-yong sampaikan bahwa di sana banyak pemain keturunan Indonesia, yang masuk daftar  unrykndinaturalusasi,”  ungkap Iriawan.

Kendati  begitu, keputusan final akan diambil setelah Iriawan berdiskusi dengan Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

“Jadi di Belanda bisa sekalian memantau para pemain keturuan yang ada di sana. Siapa tahu ada yang bisa masuk dalam skema Shin Tae-yong. Tapi saya tidak mau ikut campur urusan pemain saya serahkan ke pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik ,” jelasnya. pula.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 sudah merampungkan TC di Kroasia yang digelar sejak akhir Agustus 2020 kemarin. 11 laga uji coba dilalui Skuat Garuda Muda dengan hasil 5 kemenangan, 2 imbang, dan 4 keklahan.

Timnas Indonesia U-19 melawan Bulgaria U-19 (0-3), Kroasia U-19 (1-7), dan Arab Saudi U-19 (3-3), Qatar U-19 (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina U-19 (0-1), Dinamo Zagreb U-19 (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara U-19 (4-1 dan 0-0), dan Hajduk Split U-19 (4-0).

Semula,Timnas  U-19 dijadwalkan bakal TC ke Prancis dan mengikuti Toulon Tournament. Namun, Toulon Turnament dibatalkan pihak penyelenggara karena penyebaran virus  Covid-19 meningkat di Eropa, terutama Prancis.

“Hal yang paling jelas tim akan tetap keluar (luar negeri). Kemarin Prancis (opsinya), tapi mereka tak memberikan masuk ke sana. Kami jajaki Belanda, Jepang juga demikian. Kami juga tanya Shin Tae-yong apakah bisa juga ke Korsel,” tambah Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini menambahkan, PSSI memginginkan program Timnas U-19 berjalan lancar dan terlaksana secara maksimal.

“Kemana pun TC, Pemerintah dan PSSI siap memberangkatkan. Kami ingin ke negara dengan tim-tim bagus seperti Kroasia. Karena manfaatnya banyak sekali kalau TC ke luar negeri, seperti kemarin di Kroasia,” tandasnya.

Program TC ke luar negeri merupakan persiapan Timnas Indonesia U-19 menghadapi Piala Asia U-19 2020 pada awal tahun 2021, dan Piala Dunia U-20 2021 di Tanah Air.

Rencananya, sebelum menjalani  TC lanjutan  ke luar negeri, Timnas  U-19 akan menggelar persiapan di Yogyakarta pada November mendatang.