JAKARTA, Indotimes.co.id – Terobosan Pengurus Pusat Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI) pimpinan Irwan Alwi cukup mengejutkan. Meski baru berdiri secara resmi beberapa bulan lalu, PP PBFI sukses  memperjuangkan Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan Kejuaraan Dunia Binaraga Fitness 2021. 

Kepastian itu disampaikan Sekjen PP PBFI, Inge Inkiriwang di Jakarta, Selasa (3/11/2020). “Hari ini, Pak Irwan Alwi sudah mendapat telepon langsung dari Presiden Federasi Binaraga Fitness Internasional (WBPF), Datok Paul Chua yang menyetujui Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Binaraga Fitness 2021. Ini merupakan suatu kepercayaan yang membanggakan,” kata Inge Inkiriwang.

Rencananya, kata Inge yang juga mantan atlet balap sepeda putri nasional ini, Kejuaraan Dunia Binaraga Fitness itu akan digelar di Yogyakarta tepatnya Desember 2021. “PP PBFI akan segera komunikasi intensif dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan KONI Pusat  untuk mensukseskan kejuaraan dunia yang pertama kali digelar di Indonesia,” tegasnya. 

Selain memberitahukan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Binaraga Fitness 2021, kata Inge, Paul Chua mengatakan cabang Binaraga Fitness resmi dipertandingkan pada SEA Games Hanoi, Vietnam yang rencananya digelar November 2021. Bahkan, Paul Chua juga memastikan 10 nomor yang akan dipertandingkan pada pesta olahraga dua tahunan negara Asia Tenggara tersebut. “Kita akan segera berkoordinasi dengan Kemenpora dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dalam rangka persiapan menghadapi SEA Games Hanoi 2021,” tandasnya. 

Cabang Binaraga Fitness akan memperebutkan 10 medali emas dari 7 nomor binaraga putra kelas 55kg, 60kg, 65kg, 70kg, 75kg, 80kg, dan 85kg. Sedangkan tiga nomor lagi yakni Men’s  Athletic Physique (Open), Women’s Bodybuilding (Open),  dan Mixed Pairs.