, Indotimes.co.id – Menghadapi Asian Beach Games (ABG) di Sanya, China 2-10 April 2021 dan Asian Indoor Martial Arts Games (AIMAG) di Bangkok, Thailand, 21-30 Mei 2021, Pusat Indonesia Teqball ( INATEQ) akan menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) Teqball yang akan digelar Februari 2021 mendatang.

“Seleknas Teqball itu untuk menjaring atlet-atlet Teqball potensial dari berbagai daerah untuk dipersiapkan memperkuat Timnas Teqball Indonesia yang akan diterjunkan di ABG dan AIMAG,” kata Manajer Sports Development INATEQ, Irjen Pol Teddy Minahasa yang ditemui usai acara 8 Pengprov INATEQ di Lantai 16 Gedung FX Senayan Jakarta, Senin (16/11).

Menurut Teddy, sebelum pelaksanaan Seleknas, pihak Federasi Internasional Teqball (FITEQ) akan mengirimkan pelatih asing yang akan membantu pembinaan atlet Teqball di berbagai klub Teqball di Indonesia.

“Rencananya sih pelatih asing dari FITEQ akan tiba di Indonesia pekan terakhir November. Dia akan menberikan program kepelatihan secara virtual kepada seluruh pelatih klub yang ada di Indonesia hingga pekan terakhir Desember 2020,” jelas Teddy yang juga Wakil Ketua PP INATEQ itu.
.
Saat ini, Indonesia sudah memiliki 7 klub Teqball yang sudah menjalankan latihan secara rutin. Yakni, PSM Makassar, STC Soccer Tangerang, Jakarta Teqball Club, PS Unesa , Minangkabau Padang, Jateng Teqball Club Semarang, dan SMPN 111 Jakarta.

Teddy menjelaskan, program pengiriman pelatih asing itu merupakan lanjutan program kursus wasit Teqball. Sebelumnya, FITEQ mengirimkan tiga instruktur yakni Augusztin, Norbert Foris, Renata Vasas dan Lea.

Teqball yang merupakan olahraga kaum ini sudah menjadi official sport Asian Beach Games China dan sedang dalam proses untuk  dipertandingkan pada Asian Games China 2022 dan Paris 2024.

Sementara itu, Ketua Umum PP INATEQ, Hellen Sarita de Lima menambahkan kehadiran olahraga Teqball, menunjukam bahwa di Indonesia sangat cepat beradaptasi dengan perkembangan olahraga dunia, yang semakin pesat.

“Olahraga Teqball itu sudah menjadi member Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan akan resmi dipertandingkan pada Asian Games 2022 dan Olimpiade Paris, Perancis 2024 sebagai cabang eksebisi,” pungkas Hellen.