SINGAPURA, Indotimes.co.id – Petenis muda Indonesia, Nathan Anthony Barki (16 tahun) tampil gemilang dalam ajang turnamen internasional bertajuk ITF World Tennis Tour Junior J-5 di Singapura. Petenis peringkat junior ke-782 dunia itu,mengukir sejarah berhasil memborong dua gelar juara tunggal dan dua posisi runner-up ganda dalam dua pekan turnamen berlangsung.

“Dua minggu yang penuh tantangan dan luar biasa dalam karir tenisku,” ungkap Nathan, seusai laga final tunggal di Kallang Tennis Centre, Sabtu (21/11).

Pada laga babak akhir, Nathan sukses mengandaskan andalan Malaysia, Jagger Zhen Chih Ong Patzwald. Seeded kedua itu mengempaskan unggulan kedelapan asal negeri jiran itu melalui pertarungan straight set yang berakhir dengan skor 6-3 6-1.

Gelar juara tunggal itu menggenapi prestasi serupa seminggu sebelumnya ketika dia berhasil mengalahkan wakil tuan rumah yang menempati unggulan teratas, Jerall Yasin. Nathan menuntaskan laga pamungkas nomor tunggal itu dengan hasil akhir, 6-3 6-2.

“Hasil ini berkat dukungan dari berbagai pihak, terutama pelatih dan teman latihan juga orang tua serta PP Pelti,” ujar petenis yang dilatih Michael Baroch ini.

Sementara di sektor ganda, Nathan yang berpasangan dengan Brendan Nicholas Hendrata harus puas hanya berada di posisi kedua turnamen Grade 5 dalam jenjang kompetisi junior resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) itu. Di final, duet Merah Putih itu kalah dari pasangan Singapura, Timothy Lim/Jerall Yasin 3-6 4-6.

Pada pekan sebelumnya, Nathan dan Brendan juga kandas pada babak akhir dari ganda gado-gado Amerika Serikat/Singapura, Cameron Austin Chang dan Matthew Johnstone 6-7(4) 3-6.

“Aku berharap bisa terus berkembang dan berusaha mendorong diri sendiri agar mampu mencapai prestasi yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Hasil positif dalam dua turnamen di Singapura itu bakal melambungkan peringkat ITF Junior wakil Merah Putih ini. Dari posisi ke-782 per 16 November, Nathan Anthony Barki kemungkinan akan melonjak sekitar 150 tingkat menuju kisaran 620-an pada daftar peringkat junior dunia yang bakal dirilis awal pekan ini dengan total 79,5 poin.

“PP Pelti merasa gembira dan bangga atas prestasi Nathan dalam dua minggu terakhir ini di Singapura. Sebuah langkah awal yang baik untuknya dan mudah-mudahan memberi motivasi dan memacu petenis junior Indonesia lainnya agar bisa mencapai prestasi yang lebih baik lagi,” tandas Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP Pelti, Lani Pradita Sardadi.