JAKARTA, Indotimes.co.id – Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, Universitas Mercu Buana (UMB) terus berkomitmen meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia melalui pendidikan. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan menggelar Festival UMB ke 13 pada tahun 2020 secara virtual.

Rektor UMB Prof. Dr. Ngadino Surip, MS mengatakan,  Festival UMB ke-13 merupakan perwujudan upaya peningkatan kualitas generasi muda, khususnya kalangan pelajar di tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, melalui kegiatan yang mengasah pengetahuan dan menumbuhkan semangat berkompetisi.

“Hal tersebut membuktikan UMB konsisten pada program yang berorientasi pada peningkatan kualitas pelajar. Melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif dan memenuhi kebutuhan zamannya. Agar pelajar tetap mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dengan pola kegiatan yang berbeda,” tegas Rektor UMB, di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Menurutnya, tidak hanya Festival UMB, pada waktu bersamaan, UMB juga menggelar Open House yaitu program yang diinisisiasi Direktorat Marketing yang berupaya memperkuat wawasan pelajar melalui kegiatan workshop kreatif. Dimana para pembicara merupakan praktisi pada bidangnya.

“Tentu saja melalui kombinasi program Open House dan Festival UMB, maka diharapkan para pelajar memiliki penguasaan wawasan yang lebih baik. Sekaligus memiliki semangat berkompetisi yang positif melalui perlombaan-perlombaan,” jelas Prof Ngadino.

Sementara itu, Direktur Marketing Reguler 1 Universitas Mercu Buana, Dr. Irmulansati Tomoharjo, SH, M.Si, menambahkan, Open House tahun 2020 dan Festival UMB ke-13 merupakan agenda tahunan yang sudah lama berlangsung. Pada tahun ini kedua program tersebut tetap pula dilaksanakan dengan berbagai penyesuaian untuk menjawab tantangan pandemic Covid-19.

“Hal tersebut membuktikan UMB konsisten pada program yang berorientasi pada peningkatan kualitas pelajar. Melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif dan memenuhi kebutuhan zamannya. Agar pelajar tetap mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dengan pola kegiatan yang berbeda” tuturnya.

Pada Festival UMB ke 13 secara virtual dilakukan melalui media sosial instagram dengan tema “Diversity, Creativity, Technopreneur and Green Living” menjangkau lebih dari ratusan sekolah dari berbagai daerah. Sedikitnya 10 provinsi di Indonesia mengikuti kegiatan ini. Khusus Festival UMB ke 13 menggelar 8 jenis pertandingan, antara lain; English Speech, Silat Betawi, K-Pop, Tiktok Kreatif, Matematika dan Soccer dengan total peserta festival mencapai 250 tim.

“Kegiatan Open House dan Festival UMB ini dilaksankan bebas biaya. Peserta tidak mengeluarkan biaya pendaftaran. Bahkan mendapatkan hadiah yang mengagumkan. Mulai dari full beasiswa 4 tahun, uang pembinaan, bingkisan ekslusif dan sebagainya. Tentu saja semua itu hanya diberikan bagi para juara,” kata Irmulan Sati.