JAKARTA, Indotimes.co.id – Federasi Teqball Internasional (FITEQ) mengirimkan pelatih Teqball asal Hungaria, Bence Forgacs ke Indonesia. Pelatih berpengalaman itu, sudah tiba di Jakarta, Kamis (25/11). Pemain klub BP Teqers Hungaria ini, langsung bergerak untuk melihat sejauh mana perkembangan olahraga Teqball yang telah dikembangkan Pengurus Pusat Indonesia Teqball (PP INATEQ). 

Di Jakarta, Forgacs memberikan pelatihan pada klub teqball SMPN 111 yang berada di Jl Bhakti VII/2 Komplek Pajak Kemanggisan Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, yang berlangsung Jumat (27/11). 

Sebanyak 10 pemain terdiri dari 7 putra dan 3 putri yang diasuh pelatih klub Teqball SMPN 111, Yunus Dartono  begitu antusias mengikuti seluruh instruksi dari Forgacs. 

“Saya dikirim FITEQ untuk melihat perkembangan olahraga Teqball di Indonesia sekaligus memberikan pelajaran tentang teknik dasar permainan teqball,” kata Forgacs., disela-sela kegiatannya.

Melihat penampilan pemain klub SMPN 111, Bence Forgacs menilai cukup bagus, apalagi dia mendapat informasi mereka baru menjalani.latihan rutin sejak Oktober 2020. “Cukup bagus dan punya prospek. Mereka butuh latihan lebih banyak lagi untuk bisa menguasai permainan Teqball secara baik,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Forgacs juga menunjukkan cara serve menggunakan kaki dengan baik dan beberapa teknik  tendangan serta menahan bola tendangan lawan. “Ya, Berce Forgacs  bukan hanya memperkenalkan teknik dasar permainan dan serve yang baik tetapi juga menjelaskan tentang aturan pertandingan,. Kami merasa bangga menjadi klub pertama yang dikunjungi pelatih Teqball asal Hungaria,” kata Yunus Dartono yang merupakan pelatih Teqball Indonesia pertama. 

Selama berada di Indonesia hingga 21 Desember 2020, Forgacs akan berkeliling ke klub-klub yang berada di Jakarta dan Tangerang untuk memberikan pelatihan teknik dasar permaianan Teqball. 

“Saya merasa senang mendapat pelajaran teknik dasar permainan Teqball dan cara serve yang baik langsung dari pelatih asal Hubgaria. Orangnya enak diajak bicara dan mau bermain dengan kita,” kata Syahputra, salah seorang pemain yang sudah setahun latihan Teqball. 

“Penjelasannya sangat mudah dipahami dan saya semakin bersemangat lagi latihan,” timpal Yoga Ardika Putra, sesama pemain klub Teqball SMPN 111.

“Pelatihnya enak dalam memberikan penjelasan dan bisa gampang dipahami,” tambah Dian Kemala, atlet teqball putri, yang sebelumnta sempat menekuni olahraga sepaktakraw.