JAKARTA, Indotimes.co.id – Tidak terasa kita sudah mencapai penghujung tahun 2020. Situasi yang berlangsung sejak awal tahun 2020 telah mengakibatkan ekonomi Indonesia terkontraksi di dua kuartal berturut-turut di tahun ini.

Pandemi ini juga mempengaruhi kinerja berbagai sektor industri di Indonesia termasuk sektor maritim dan logistik. Sepanjang 2020 berbagai kegiatan operasional di bidang maritim banyak berkurang sehingga penurunan lalu lintas angkutan laut dan logistik pun tak bisa dihindarkan.

Di satu sisi, dengan ditemukannya vaksin Covid 19 dan hasil pengetesannya menunjukkan hasil positif, diharapkan menjadi angin segar utk mengakhiri pandemi ini di tahun 2021.

Bagaimana prediksi ekonomi Indonesia dan khususnya di sektor maritim dan logistik di tahun 2021?
Berkenaan dengan itu, Myshipgo selaku penggagas forum diskusi Indonesia Maritime Club (IMC) Discussion Series yang telah memasuki Seri ke 25 , kembali hadir dengan tajuk: “Meneropong Ekonomi dan Bisnis Sektor Maritim dan Logistik 2021”, pada hari Rabu, 9 Desember 2020 Pukul 10.00.

Diskusi ini juga menghadirkan para narasumber yang sangat kompeten dibidangnya, yaitu : Dr. Sahat Manaor Panggabean,Staff Ahli Kemaritiman dan Investasi Bidang Manajemen Konektivitas. Erwin Raza, S.E., M.M, Asisten Deputi Pengembangan Logistik Nasional Kemenko , Carmelita Hartoto,Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Perhubungan/ Ketua Umum DPP INSA, serta Yukki Nugrahawan Hanafi Ketua Umum DPP ALFI (Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia).

Hal ini sangat menarik mengingat “Sektor maritim, kelautan dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan (17000 ++ pulau) yang 2/3 wilayahnya terdiri dari laut.

Myshipgo berharap dari forum diskusi ini untuk dapat memberikan manfaat dan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan, pencerahan, serta edukasi di sektor maritim,kelautan,logistik dan juga informasi/digitalisasi.
“Selain itu juga dapat “merangkul” para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk bangkit dari situasi pandemi covid 19 ini demi memajukan Indonesia,” ujar Harlin E. Rahardjo, CEO dan Cofounder Myshipgo

Menurutnya tahun 2020 merupakan tahun yang berat. Pandemi Covid 19 menyebabkan resesi ekonomi di Indonesia dan juga dunia. “Banyak sektor-sektor yang terdampak, termasuk sektor maritim dan logistik. Namun dengan positif nya hasil pengetesan vaksin covid 19 oleh beberapa produsen, membawa optimisme dan harapan membaiknya ekonomi dan bisnis di tahun 2021,” tandas Harlin.

“Di IMC 25 ini myshipgo menghadirkan 4 narasumber dari unsur pemerintah dan pelaku usaha. Pasti menarik untuk menyimak paparan dan diskusi dari para narasumber yang melihat dan memprediksi tahun 2021 dari berbagai sudut pandang, “ tambah Dony Ari Nugroho, Moderator IMC dan cofounder Myshipgo.

Forum Diskusi Virtual Indonesia Maritime Club (IMC) yg sudah memasuki edisi ke 25, merupakan edisi penutup tahun 2020. IMC akan hadir kembali di awal tahub 2021 dengan topik2 yg makin menarik dan narasumber2 yang kredibel. Pendaftaran melalui link di bit.ly/myshipgo_imc25 atau WA di +62 819 056 049 99