JAKARTA, Indotimes.co.id Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta, menggandeng Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat untuk mendorong pelaku UMKM melek digital. Melalu seri webinar digelar pelatihan bertema Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Mendukung Perkembangan Bisnis Berbasis Ekonomi di Jakarta Barat.

Hadir dalam webinar tersebut Dekan Fasilkom UMB Dr Mujiono Sadikin MT, Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat UMB Dr Inge Hutagalung MSi, dan Lurah Palmerah Muchammad Ilham.

”Kami merasa bangga karena di tengah pandemi tetap dapat menjalankan program P2M (Program Pengabdian Masyarakat) untuk membatu UMKM,” ungkap Mujiono Sadikin.

Menurutnya, kemampuan para dosen di Fasilkom UMB tidak diragukan lagi. ”Insya Allah kami sanggup untuk berbagi pengalaman baik dari , workshop, dan pelatihan seperti ini terkait teknologi informasi. Saya berharap webinar ini bermanfaat untuk menambah wawasan UMKM sehingga menjadi pebisnis online (daring) yang andal,” cetusnya.

Baca juga :  Fasilitasi UMKM, Menteri Puspayoga Apresiasi Bupati se-Madura dan Kediri

Menurut Mujiono, memang sudah seharusnya UMKM memanfaatkan teknologi informasi terutama di masa pandemi. ”Dengan pemanfaatan , bisnis akan menjadi lebih efisien,interaksi dengan pelanggan maupun mitra menjadi lebih mudah. Begitu pula pengelolaan keuangan menjadi lebih simpel dan berpotensi menambah omzet bisnis,” ungkapnya.

Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat UMB, Dr Inge Hutagalung MSi, mengatakan saat ini dunia termasuk Indonesia berduka karena pandemi Covid-19. Menurutnya, pandemi ini mengubah pola kehidupan manusia. Begitu pula dampak pandemi membuat sektor dunia usaha terpuruk.

Banyak pelaku UMKM kelimpungan menghadapi bisnisnya yang terhambat bahkan mungkin tidak selamat. Beberapa cara dilakukan untuk menanggulangi kondisi Covid-19. Salah satunya dengan beralih orientasi pemasaran berbasis konvensional menjadi berbasis elektronik atau yang kerap dikenal e-commerce. ”Sayangnya belum semua palaku UMKM memahami dan memiliki kemampuan digital terkait pemasaran daring,” ujarnya.

Baca juga :  Kemenkop Dorong Modernisasi Koppontren

Untuk itu, hadir para dosen Teknik Informatika UMB yang selama tiga hari membantu palaku UMKM berbagi ilmu pemasaran digital. ”Harapannya kerja sama dengan Kelurahan Palmerah tidak berhenti dalam pengkajian pemasaran digital namun dalam penanggulangan masalah sosial masyarakat lainnya,” cetusnya.

Seri webinar tersebut dilaksanakan pada 16-18 November 2020 dengan sub-tema antara lain Google Bisnis Untuk Pemasaran Online, Digitalisasi Usaha UMKM Berbasis Online, Digitalisasi Pembayaran Berbasis Online. Pada sub-tema Google Bisnis untuk Pemasaran Online dibahas mengenai jurus jitu pemasaran online, pendaftaran dan peninjauan informasi bisnis dan kiat-kiat memverifikasi bisnis online. Pada tema Digitalisasi Usaha UMKM Berbasis Online dibahas cara digitalisasi usaha, Pengenalan aplikasi GoFood dan pengenalan aplikasi GrabFood.

Sedangkan sub-tema Digitalisasi Pembayaran Berbasis Online mendiskusikan tentang digitalisasi pembayaran, pemanfaatan cashless dan pemanfaatan qris. Sementara itu Lurah Palmerah Muchammad Ilham mengatakan, sudah saatnya UMKM dan masyarakat mulai melek IT. Menurutnya, saat ini IT adalah kebutuhan yang sangat penting terutama untuk menunjang pengembangan bisnis.

Baca juga :  Kemenkop Data UMKM Terdampak Banjir

”Kita yang dulunya main media sosial (mesos) sekadar untuk bercanda, maka di masa pandemi sudah mamanfaatkannya sebagai sarana bisnis. Karena memang penghasilan kita berkurang di masa pandemi mau tidak mau harus bertahan dan memanfaatkan IT,” ujarnya. Ilham mengatakan pelatihan tersebut sangat bermanfaat untuk mengambangkan bisnis UMKM. Dirinya berharap kerja sama dengan UMB terus berlanjut demi memajukan masyarakat terutama di wilayah Kelurahan Palmerah.