JAKARTA , Indotimes.co.id – Federasi Bola Basket Dunia (FIBA), Jumat (18/12), mengumumkan secara resmi Indonesia sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 (Piala Asia 2021). Ini untuk kedua kalinya, Indonesia dipercaya menjadi penyelenggara kejuaraan serupa, setelah tahun 1993 silam.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Danny Kosasih, menyambut baik keputasan FIBA tersebut. Hal ini juga sebagai persiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023, dimana Indonesia bersama Filipina dan Jepang ditetapkan sebagai tuan rumah bersama.

Menurut Danny Kosasih, FIBA Asia Cup 2021 dijadwalkan berlangsung pada 16-28 Agustus 2021 di Jakarta. Namun, pihak belum menetapkan lokasi pertandingan yang akan digunakan nantinya.

“Kami sangat bangga FIBA Asia Cup 2021 bakal dihelat di Jakarta. Akan jadi wadah yang luar biasa bagi Indonesia untuk menunjukkan basket di sini. Ini juga membantu kami dalam memersiapkan FIBA World Cup 2023 sebagai tuan rumah,” ujar Danny Kosasih pula.

Meskipun demikian belum mentapkan lokasi pertandingan untuk FIBA Asia Cup 2021 di Jakarta, namun dua lokasi yang dinilai paling layak digunakan untuk pertandingan bola basket internasional di Ibukota adalah Mahaka Square Kelapa Gading Jakarta Utara dengan kapasitas 5 ribu penonton dan Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta Pusat, dengan kapasitas 10 ribu penonton.

Kemungkinan lokasi yang layak digunakan ada diseputar Jakarta, diantaranya adalah Sentul City International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat dengan kapasitas 12.000 ribu penonton dan Indonesia Convention and Exhibition (ICE) di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangsel, Banten, dengan kapasitas 10 ribu penonton.

Pada gelaran FIBA Asia Cup pada tahun 1993 di Indonesia, China tampil sebagai juara, setelah mengalahkan Korea Utara di final dengan skor 93-72. Posisi ketiga diraih Korea Selatan, setelah menundukan Iran dengan skor 86-70. Kejuaraan ini diikuti 18 negara, termasuk tuan rumah Indonesia.