JAKARTA, Indotimes.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-92 Tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 22 Desember, Suarakarya.id Peduli menggelar program Bakti Sosial (Baksos). Baksos berupa pemberian 800 bingkisan sembako plus uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada kaum difabel, wartawan dan masyarakat terdampak pandemi virus corona (Covid-19), digelar di Kantor Suarakarya.id di Perumahan EksTimah Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (19/12).

Selain di Kantor Suarakarya.id,
Program Baksos SK.id Peduli juga dilakukan didua titik lainnya, yakni
di Rusun Tipar Cakung Jakarta Timur dan Islamic Center Jakarta Utara.

“Kami tergerak mengggelar Baksos ini untuk sedikitnya ingin membantu meringankan kaum difabel, wartawan dan warga yang terdampak dengan pandemi Covid-19. Mungkin apa yang kami lakukan belum seberapa, tapi kami yakin melalui Baksos kami ini paling tidak sedikitnya membantu meringankan kesulitan yang sedang menghimpit kehidupan akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19. Dan kami juga berdoa agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga kehidupan normal kembali dapat dijalani masyarakat,” kata Ketua Panpel SK.id Peduli yang juga adalah Pemimpin Redaksi (Pemred) Suarakarya.id, Gungde Ariwangsa, ditemui usai memberikan bingkisan sembako dan BLT.

Menurut Ariwangsa, banyak masyarakat menghadapi hidup sulit sejak pandemi Covid-19 berlangsung. Tak terkecuali kaum difabel dengan keterbatasan mereka. “Kami terpanggil untuk menyelenggarakan acara Baksos ini, sedikitnya kami ingin mengulurkan tangan membantu meringankan kesulitan yang sedang dialami. Dan sepenuhnya kami sadar, apa yang kami berikan belumlah seberapa. Tapi kami yakin setidaknya melalui Baksos SK.id Peduli ini, sedikit banyak kami bisa meringankan kesulitan yang sedang dialami saudara-sudara kita kamu difabel, wartawan dan juga warga yang terdampak Covid-19,” jelas Ariwangsa.

Ariwangsa menjelaskan, acara puncak Baksos SK.id juga sekaligus untuk memperingati Hari Ibu ke-92 Tahun 2020. “Pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tertanggal 16 Desember 1959, menetapkan Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan hari nasional. Hari Ibu tahun ini berlangsung dalam suasana Covid-19, melalui kegiatan baksos ini kami ingin menggelorakan perjuangan para perempuan Indonesia untuk turut membangun bangsa dan negara umumnya, dan khususnya memberikan kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19,” ucap Ariwangsa.

Dikatakan Ariwangsa, mengutip keterangan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, pandemi Covid-19 menempatkan perempuan dalam situasi yang lebih rentan. Hasil survei UN Women menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidaksetaraan gender, serta dapat mengancam upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).

“Jadi pada peringatan Hari Ibu ini para perempuan Indonesia harus tampil di garda terdepan. Membagikan kasih dan kepedulian baik pada upaya melawan Covid-19, salah satunya dengan memberikan bantuan sosial mau pun menggalakkan penerapan protokol kesehatan dan menyadarkan tentang pentingnya vaksinisasi dalam menghadapi Covid-19. Mari galakkan gerakan 3 M – Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak,” jelas Ariwangsa.

Ariwangsa menambahkan kegiatan Baksos SK.Id Peduli yang digelar pertama ini diupayakan bisa menyentuh kaum difabel, para wartawan, dan masyarakat umum. Untuk itulah maka kegiatan dilaksanakan di berbagai titik di Ibukota Jakarta. Karena dilaksanakan saat Covid-19 maka dalam pembagian sembako itu dihadirkan para perwakilan untuk menghidari kerumunan. Pembagian juga dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami berharap gerakan suarakarya.id Peduli ini tidak terhenti di sini saja. Ke depan bisa menjangkau kegiatan lainnya yang bertujuan memberikan kepedulian kepada masyarakat. Karena itu kami mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan dengan suarakarya.id membagi kepedulian kepada sauadara-sauadara kita yang membutuhkan,” tandasnya.

Ariwangsa juga mengucapkan terima kasih kepada para pendukung acara ini sehingga bisa digelar di masa sulit akibat Covid-19. Kepedulian pada acara ini ditunjukkan oleh PT. Aku Cinta Memiles (KBMI), Bank Indonesia, Bank BTN, PT.Pertamina HuLu Energi, Asdp Ferry, Trans Jakarta, PT.Pertamina Lubricants , PT.PLN Peduli, Bulog Peduli, Askrindo, FIF Group, YBM PLN, dan PT. Angkasa Pura I.