Pelari Kenya Juarai Jakarta Marathon

JAKARTA, Indotimes.co.id – Pelari Kenya menguasai semua nomor terbuka (open) yang melibatkan peserta internasional di Mandiri Jakarta Marathon 2016, yaitu full marathon 42K dan half marathon 21K. Semua pelari Kenya memenangkan nomor tersebut baik sektor putra maupun putri.

Pada penyelenggaraan yang bermula dan berakhir di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu, itu, pelari Kenya Joseph Mwangi Ngare, Stanley Kipkoech Kirui dan Hosea Kipyego Kogei berhasil menjadi juara pertama hingga ketiga kategori setengah maraton atau 21K putra.
Pada 21K putri, podium satu sampai tiga berurutan diisi Peninah Jepkoech Kigen, Nancy Joan Rotich dan Susan Jemutai Kosgei.

Sementara di nomor bergengsi full marathon atau 42K, Kenya menempatkan tiga pelari putrinya di jajaran terbaik yaitu berturut-turut dari yang pertama, Kiplimo Jacquline Nyetipei, Mercy Jelimo Too dan Margaret Njuguna.Untuk 42K putra, Kennedy Lilan Kiproo menjadi yang nomor wahid, diikuti Chengabit Noah Kipruto dan Felix Kipkorir Kangogo.

Dominasi para pelari Kenya ini dianggap wajar oleh atlet Indonesia Agus Prayogo, yang memenangi kategori 42K khusus Indonesia sektor putra. Menurut dia, atlet-atlet negara dari Benua Afrika itu memang berkelas dunia.

“Pelari-pelari Kenya sudah menguasai dunia, jadi wajar saja kalau mereka juara di sini. Namun saya harap ke depan ada pelari kita yang dapat bersaing dengan mereka,” ujar Agus, pelari asli Jawa Tengah pemegang empat medali emas SEA Games cabang atletik dan tiga emas pada PON Jawa Barat 2016 lalu. (dil/Abl)

Loading...