JAKARTA, Indotimes.co.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) Zainudin Amali serta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para atlet, pelatih, dan pendukung atket di Istora Gelora Bung Karna (GBK) Senayan, Jakarta, Jumat (26/2) .

Sebanyak 800-an atlet, pelatih, dan tenaga pendukung berbagai cabang olahraga menjalani vaksinasi tahap pertama.

“Atlet ini representasi kelompok yang secara fisik kuat, kami harapkan melalui vaksinasi ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat bahwasanya untuk atlet setelah divaksin tetap sehat dan kuat sehingga bisa memotivasi yang lain,” ujar Ma’ruf , disela-sela kunjunghanya tersebut.

Menurut Ma’ruf pemberian vaksinasi Covid-19 bagi para atlet, pelatih dan pendukung atlet ini sebagai bentuk bantuan dan perhatian pemerintah untuk mereka agar tetap bisa berprestasi. “Kalau terpapar Covid-19, mereka tidak bisa lakukan itu (bertanding). Di samping itu, penting juga untuk mengharumkan nama bangsa,” ujarnya.

Baca juga :  KONI Pusat Beri Penghargaan Peraih Prestasi Asian Games 2018

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini diprioritaskan untuk atlet dan ofisial yang akan berkompetisi dalam waktu dekat. Sebagai contoh, atlet yang dipersiapkan untuk Swiss Open, All England, Piala Menpora, Olimpiade Tokyo dan SEA Games menjadi prioritas pada program vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini.

Menpora Zainudin Amali, menjelaskan pihaknya prioritaskan atlet yang ada di pelatnas dan atlet yang akan segera berkompetisi dalam waktu dekat baik di dalam maupun luar negeri,” kata Zainudin.

Menteri asal Gorontalo ini juga mengingatkan para atlet agar tepat menjalankan protokol kesehatan meski sudah divaksinasi. “Walaupun sudah divaksin, protokol kesehatan tetap dijalankan dan disiplin,” tegasnya.

Lebih lanjut, Zainudin Amali menjelaskan bahwa para penerima vaksin di Istora Senayan tersebut adalah atlet yang memang sedang berada di Jakarta. Sedang bagi para atlet yang berada di luar Jakarta, Zainudin mengatakan mereka tetap akan divaksinasi tetapi di daerah mereka masing-masing. “Yang berada di Istora Senayan ini adalah atlet yang memang berada di Jakarta.” Imbuhnya pula.

Baca juga :  Mantan Perenang Nasional Lukman Niode Meninggal Dunia

Sementara para atlet luar Jakarta, dikatakan Zainudin sudah dikoordinasikan dengan Menteri Kesehatan untuk dikomunikasikan ke dinas-dinas kesehatan baik provinsi maupun kabupaten kota, di mana tempat domisili bagi atlet tersebut.”

“Jadi mereka yang berada di luar Jakarta tidak perlu kita bawa ke Istora Senayan, yang penting mereka segera mendapat vaksinasi di daerah mereka masing-masing,” tutur Zainudin.

Terpisah Menkes, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan memang veksin untuk para atlet, pelatih dna para pendukung ini diprioritaskan bagi yang akan bertanding.

“Khusus untuk atlet-atlet, seperti yang disampaikan bapak Menpora, adalah atlet-atlet yang memang harus segera bertanding, baik pertandingan internasional maupun event-event berikutnya yang akan diadakan oleh Menpora” tandas Budi.

Sedangkan untuk sisanya akan kita lakukan secara bertahap, sesuai dengan tahapan yang lainnya. Dengan vaksinasi untuk melawan virus corona kepada para atlet, Budi pun berharap agar nantinya mereka dapat kembali mengibarkan Bendera Merah Putih di luar negeri.