JAKARTA, Indotimes.co.id – Sebagai salah satu negara tuan rumah ajang FIBA World Cup 2023, Indonesia akan membangun venue baru untuk perhelatan akbar tersebut. Venue yang akan dibangun di area Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta ini, sebagai bukti kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah ajang bola basket level tertinggi di dunia.

Rencana pembangunan venue baru untuk FIBA World Cup 2023 disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia ( PP Perbasi) Nirmala Dewi, seusai mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir selalu FIBA Board Members saat bertemu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/3).

Menurut Nirmala Dewi, dalam pertemuan tersebut pihaknya melaporkan soal persiapan kejuaraan FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 yang bakal digelar di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendukung penuh dua kegiatan tersebut, termasuk soal rencana pembangunan venue baru untuk FIBA FIBA World Cup 2023.

Baca juga :  Amman Mineral Gelar Dua Turnamen untuk Cetak Atlet Tenis Muda Indonesia Berprestasi

“Tadi di dalam kita sudah dapat dukungan beliau untuk pembangunan venue FIBA world cup 2023, khususnya mengenai perizinan. Alhamdulillah, pak gubernur akan mendukung kita dan secara teknis kami akan membahas dengan tim dari pak gubernur,” jelas Nirmala.

Nirmala juga menyebut, arena pertandingan tersebut rencananya akan dibangun diarea Gelora Bung Karno (GBK). Adapun persiapan pembangunan venue ditargetkan selama 16 bulan, dimana pembangunannya melibatkan Kementerian PUPR.

“Venue kita siapkan di GBK, kita akan bangun. Tentu sekarang lagi musim multifungsi. Jadi lahan parkir yang sekarang juga tetap kita manfaatkan, kita bangun lahan parkir baru lagi di situ. Tidak hanya untuk basket, tetapi juga bisa untuk kegiatan lain,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari laman resmi PP Perbasi.

“Timeline-nya FIBA World Cup 2023, butuh waktu sekitar 16 bulan, sehingga secepatnya tentu kita akan berdiskusi dengan kementerian PUPR dalam membangun,” tandas Nirmala Dewi.

Baca juga :  Tim Grading Kick Boxing Siapkan Standar Kepelatihan Dasar

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai pertemuan mengatakan, dalam pertemuan itu membahas mengenai perhelatan kejuaraan FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 yang bakal digelar di Jakarta.

“Tadi kami di Pemprov bertemu dengan Pak Erick Thohir dan Sekjen Perbasi terkait dengan rencana kejuaraan dunia tahun 2023 di Jakarta dan kejuaraan basket Asia tahun 2021 di sekitar bulan Agustus-September. Tadi kita membahas soal itu,” ungkap Anies.

Anies menuturkan, melalui pertemuan tersebut, Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh terhadap gelaran kejuaraan olahraga berskala internasional itu. Termasuk rencana pembangunan venue baru untuk FIBA FIBA World Cup 2023.