SOLO, Indotimes.co.id –  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora)Zainudin Amali membuka secara Turnamen Piaka Menpira 2021 di Stafion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/3) petang. Didampingi
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan,  turnamen yang sekaligus ajang pramusim untuk Kompetisi Liga 1, digulirkam ditandai dengan penekanan tombol sirine.
 
Menpora  mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung terselenggaranya Piala Menpora 2021. Setelah satu tahun tanpa ada kompetisi, masyarakat sepakbola Indonesia akhirnya bisa menyaksikan pertandingan turnamen pra musim Piala Menpora 2021 yang dimulai hari ini.

“Ini ujian bagi sepakbola Indonesia, kita harus mampu tunjukkan sepakbola bisq bergulir lagi dengan menjalankan protokol kesehatan yang disiplin. Saya yakin suporter Indonesia bisa tertib untuk mendukung Piala Menpora 2021 ini. Terima kasih saya ucapkan kepada walikota Solo yang mau menjadi tuan rumah untuk pembukaan,” kata Zainudin.

Baca juga :  KONI Fokuskan Persiapan Hadapi Asian Games 2018 dan SEA Games Filipina

“Sepakbola akan maju jika mendapat dukungan penuh dari seluruh stake holder. Saya apresiasi Ketum PSSI, Dirut LIB dan 4 kota penyelenggara. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas ketersedianya menjadi tuan rumah. Kepada semua suporter ayo kita dukung tim kesayangan kita masing-masing dari rumah,” tambah Zainudin dengan penuh semangat.

Sementara itu, Ketum PSSI Mochmad Iriawan pada sambutanya menyampaikan turnamen ini menjadi ujian untuk masa depan sepakbola selanjutnya. “Kita wajib bersyukur, hari adalah moment spesial dimana kita bisa mengulirkan sepakbola di tengah pandemi covid-19,” katanya.

“Kita tahu ada komitmen khusus dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam setiap pertandingan. Saya yakin kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses. Teman-teman suporter nonton di rumah saja jangan datang ke stadion. Karena ini adalah ujian untuk kelanjutan sepakbola Indonesia,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Baca juga :  Kirab Obor Api Asian Games 2018 Jejaki Pulau Dewata dan Berselancar di Pantai Kuta

Turnamen Piala Menpora 2021 merupakan uji coba untuk melihat kesiapan pihak penyelenggara dalam.hal ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga Indonesia untuk menggelar pertandingan sepak bola di masa pandemi Covid-19.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru memastikan turnamen ini akan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Jika turnamen ini sukses, ada kemungkinan pemerintah akan memberi lampu hijau agar Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 digulirkan kembali.