JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpira), Zainudin Amali menegaskan seluruh pertandingan
ajang Turnamen Piala Menpora 2021, akan bisa disaksikan masyarakat secara gratis di layar televisi.

Menpora berharap agar siaran pertandingan Piala Menpora 2021 bisa memberikan hiburan yang berkualitas di tengah pandemi Covid-19 dan beradaptasi dengan kehidupan new normal.

Dalam perkembangannya, setelah laga pembuka Piala Menpora 2021 yang mempertemukan Arema FC kontra Persikabo 1973, Minggu (21/3) ada netizen yang kecewa.

Lewat akun jejaring sosial, mereka mengeluhkan siaran streaming yang berbayar atau siaran di televisi yang diacak.

Menanggapi keluhan netizen tersebut, Marketing Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021, Rudy Kangdra menjelaskan, kalau hal tersebut merupakan kebijakan dari ekosistem bisnis pada perusahasan dari pemegan hak siar dari Piala Menpora 2021.

“Kami telah bekerjasama dengan Indosiar (Emtek Group) untuk menyiarkan pertandingan Piala Menpora 2021. Dari babak penyisihan grup hingga babak final. Jangkauan televisi tersebut sudah berskala nasional dan bisa disaksikan secara live dan gratis.
Dengan begitu, kami berharap dan berupaya menjalankan apa yang dianjurkan oleh pemerintah,” tutur Rudy Kangdra.

Baca juga :  Ade Permana Pertahankan Sabuk Juara Atomweight

Terkait kekecewaan netizen yang mengklaim harus membayar saat streaming atau siaran yang diacak, hal itu lebih pada kebijakan dari ekosistem bisnis pada perusahaan bersangkutan yang memiliki hak untuk menyiarkan turnamen yang diikuti 17 tim peserta tersebut.

“Cara menikmati siaran pertandingan di Piala Menpora 2021 ada di beberapa platform. Bukan hanya melalui televisi lokal nasional yang secara gratis dapat dinikmati dengan menggunakan antena biasa, namun ada juga platform lain seperti Over The Top (OTT) dan televisi kabel.

Menurutnya dua kategori itu, bisa dikatakan premium atau berbayar. “Jadi, lewat kategori tersebut pemirsa diberikan keleluasaan dalam memilih sesuai dengan kebutuhan,” tandas Rudy.