MALANG, Indotimes.co.id – Persija Jakarta harus menelan pil pahit pada laga pertamanya di ajang Turnamen Piala Menpora 2021 Grup B, setelah dikalahkan PSM Makassar 0-2 (0-1) di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (22/3) malam.

Tampil penuh percaya diri, Persija Jakarta langsung menekan sejak menit awal pertandingan.  Beberapa kali aksi pemain Ibukota ini mengancam gawang PSM Makassar, namun tidak ada satupun yang menghasilkan gol.

Bahkan skuat ‘Macan Kemayoran’ harus tertunduk setelah PSM Makassar mencetak gol menit ke-45+2, lewat aksi pemain gaek Patrich Wanggai. Bola sepakan kaki kiri Wanggai berhasil merobek gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa.

Upaya pemain Persija yang tampil dengan kekuatan penuh, untuk menyamakan kedudukan selalu gagal, karena buruknya penyelesaian akhir.  Keunggulan 1-0 untuk PSM Makassar bertahan hingga babak pertama berkahir.

Memasuki babak kedua, Persija melakukan pergantian  beberapa pemain, untuk meningkatkan daya gedor. Braif Fatari dan Novri Setiawan masuk menggantikan Ramdani Lestaluhu dan Rezaldi Hehanussa.

Baca juga :  Desa Pecatu, Membangun Wisata dan Masa Depan Sepakbola

Namun upaya juga gagal membuahkan hasil, buruknya koordinasi permainan, membuat permainan Persija terkesan monoton, dan serangan mereka mudah dipatahkan barisan pertahanan PSM Makassar 

Bahkan tim berjuluk ‘Juku Eja’ mampu memperbesar keunggulan, lewat aksi Yakob Sayuri pada menit ke-68, kedudukan pun berubahn menjadi 2-0 untuk PSM Makassar. Koordinasi buruk pemain anyar Pesija Yann Motta dengan penjaga gawang Andritany, mampu dimaksimalkan Yakob Sayuri, untuk menjebol gawang Persija kedua kalinya  pada laga ini.

Tertinggal 0-2 membuat pemain Persija berupaya bangkit, namun lagi lagi buruknya koordinasi pemainan, upaya gempuran Persija selalu mudah dipatakahkan lawan. Bahkan Persija nyaris kebobolan pada menit ke-87, setelah bola sepakan Zulkifli Syukur mengarah ke gawang. Bola kemudian ditepis Andritany.

Skor 2-0 untuk keunggulan PSM Makassar bertahan hingga pertandingan berakhir. Hasil buruk ini membuat Persija untuk semantara berada di dasar klasemen  Grup B Piala Menpora 2021, dibawah Borneo FC, yang pada laga sebelumnya ditempat yang sama dikalahkan Bhanyangkara Solo FC dengan skor tipis 1-0.

Baca juga :  Ketua Umum KONI Pusat Lantik Kepengurusan PB PSI 2019 – 2023

Sementara PSM memimpin klasemen Grup B dengan poin tiga, unggul selisih gol memasukan atas Bhayangkara Solo FC yang berada diposisi kedua juga dengan tiga poin.