2017, Semua Daerah Ditargetkan Terapkan E-Goverment
Wapres RI: Jusuf Kalla (ist)

JAKARTA, Indotimes.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah menargetkan semua daerah dapat menerapkan sistem e-government mulai tahun 2017.

“Pemerintahan harus lebih fleksibel melihat perubahan yang lebih cepat dengan teknologi. Maka semua pemerintah daerah terapkan e-government tahun depan,” kata Wapres Jusuf Kalla di Kampus Universitas Padjajaran (Unpad) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin (24/10/2016).

Wapres mengatakann e-government atau sistem pemerintahan berbasis teknologi informasi akan memungkinkan pemerintahan yang transparan dan dapat diakses semua masyarakat.

Wapres juga menggarisbawahi e-government akan membuat pemerintahan yang ramah lingkungan karena semua tercetak melalui fasilitas internet, seperti layanan surat elektronik, laman resmi, dan media sosial.

“Dengan kota cerdas atau smart city, masyarakat bisa mengakses langsung dan paperless (tanpa kertas), artinya administrasi tanpa teknologi nothing (tidak berarti),” katanya.

Untuk itu, Wapres berharap para administrator pemerintahan dapat melengkapi diri mereka dengan kemampuan teknologi informasi agar tidak tertinggal dengan kemajuan zaman.

“Saat ini dan di masa depan, pemerintahan bukan hanya buat KTP dan urusan rumah tangga desa, tapi artinyajuga meluas kepada memberikan motivasi dan fasilitas kepada masyarakat dengan disiplin yang baik,” katanya. (dil)