SOLO, Indotimes.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastkan gelaran Piala Menpora 2021 yang mulai memasuki pertandingan pekan kedua berjalan sesuai prosedur. Kesuksesan penyelenggaraan sejauh ini, membuatnya memberi isyarat positif terkait bergulirnya kompetisi sepak bola ke depan.

Hal ini dikatakan Kapolri seusai melaukan peninjauan pelaksanaan pertandingan Turnamen Piala Menpora 2021 Grup A, bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mohamad Iriawan, di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/3).

“Kami dari Mabes Polri meninjau langsung pelaksanaan pertandingan Piala Menpora, yang digelar dalam rangka pra musim mempersiapkan kompetisi. Saya tinjau langsung tanpa pemberitahuan, untuk memastikan semua berjalan dengan semestinya,”kata Listyo Sigit.

Dari hasil pantauannya, orang nomor satu di jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) itu melihat panitia penyelenggara Piala Menpora 2021 sesuai dengan komitmen awal, menggelar pertandingan dengan protokol kesehatan. “Semua diperiksa degan tes swab antigen dan hanya yang memakai tanda gelang, yang boleh masuk,” lanjut Listyo Sigit.

Baca juga :  Sukses Tingkatkan Prestasi Wushu Indonesia, Menpora Apresiasi Airlangga Hartarto Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari UNNES

Dia juga mengapresiasi pemain yang ada di bangku cadangan tetap mengenakan masker bersama tim pelatih dan ofisial selama pertandingan. “Saya sudah pastikan mereka masuk stadion dengan telah disaring ketat melalui tes swab,” ujar pria yang pernah menjabat menjadi Kapolres Solo ini.

Semua data dari pantauan tersebut akan menjadi penilaian pihaknya ke depan. “Jika berjalan tertib, selanjutnya kami akan membicarakan kembali pelaksanaan kompetisi yang ditunggu semua klub dan suporter. Kami akan kaji kembali untuk pelaksanaan selanjutnya. Namun yang terpenting semua berjalan secara lancar,”tandas Listyo Sigit.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang mendampingi Kapolri dalam dalam peninjauan tersebut, mengatakan kehadiran Kapolri dan dirinya ke Solo, untuk memastikan kalau turnamen pramusim Piala Menpora 2021 telah sesuai dengan komitmen awal, yaitu menerapkan protokol kesehatan secata ketat. “Pak Kapolri ingin memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dan tidak ada suporter yang datang ke stadion. Selain itu juga memastikan apa yang pernah dipaparkan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai penyelenggara apakah benar seperti yang dipaparkan beberapa waktu lalu,”kata Zainudin.

Baca juga :  Yonex-Sunrise Double Championship Kembali Digelar

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PSSI, Mohamad Iriawan berterima kasih kepada Polri yang datang mengunjungi pelaksanaan Piala Menpora dan melihat situasi turnamen ini. “Semoga berjalan lancar, semoga Kapolri memberikan izin untuk kompetisi Liga 1 dan 2 tahun ini,”harap pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Sebelumnya Menpora Zainudin Amali memberikan apresiasinya kepada para supporter atau pendukung tim sepak bola tanah air, yang sejauh ini telah mengikuti arahan untuk tidak datang ke stadion dan nonton di rumah saja selama kompetisi pramusim Turnamen Piala Menpora 2021 berlangsung sejak 21 Maret lalu, terkait kondisi di tanah air masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Tentu saya berterimakasih, saya mengapresiasi kepada suporter kita. Dari awal saya orang yang sangat percaya kepada suporter kita dalam suasana seperti sekarang ini mereka pasti akan tertib,” kata menteri asal Gorontalo itu, di Jakarta, sebelum bertolak ke Solo.

Baca juga :  One Pride PRO Never Quit 2019 Tampil Beda

Menurut Zainudin para suporter dan masyarakat Indonesia sangat membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kembali bergulir kembali. Namun dengan syarat Piala Menpora ini menjadi ajang uji coba apakah penerapan prtokol kesehatan di tengah pandemic mampu diterapkan dengan disiplin dan ketat.

“Kalau mereka tidak tertib dan tidak memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan ini, maka kompetisinya belum tentu bisa ada, yang rugi semua kita termasuk suporter. Oleh karena itu saya yakin dan percaya bahwa suporter kita akan oke dengan semua himbauan bahkan mereka saling menjaga di antara mereka sendiri,” pungkasnya.