JAKARTA, Indotimes.co.id – Persija Jakarta bangkit dari keterpurukannya pada laga perdana, dengan membantai Borneo FC 4-0 (1-0) pada laga kedua Grup B Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/3).

Setelah terjerembab saat ditundukan PSM Makassar 0-2 pada laga pembuka, Minggu (22/3) pekan lalu, skuat ‘Macan Kemayoran’ bangkit mengejar poin kemenanan saat menghadapi Borneo FC di laga keduanya.

Tidak tanggung-tanggung Persija merengkuh kemenangan telak 4-0 atas tim asal Samarinda, Kaltim tersebut. Keempat gol Persija masing-masing Marco Motta (44), Osvaldo Haay (49), Yann Motta (66), dan gol Marko Simic (88).

Dalam laga tersebut, pada awalnya Borneo FC lebih bisa memainkan penguasaan bola. Persija terlihat lebih berhati-hati dalam laga penting mereka ini.

Memasuki pertengahan permainan, Persija mulai berani melalukan tekanan ke jantung pertahanan Borneo FC, tercatat Ramdani Lestaluhu membuat peluang emas menit ke-29. Sayang, bola hasil tandukannya ditangkap dengan baik oleh kiper Borneo FC, Gianluca Claudio.

Baca juga :  Menpora Motivasi Timnas U-19 Yang Akan Berlatih ke Kroasia

Persija akhirnya mampu mencetak gol melalui Marco Motta pada menit ke-44. Bola umpan sepak pojok Marc Klok mampu ditanduk dengan baik Motta. Skorpun berubah 1-0 untuk Persija, dan bertahan hingga babak pertama usai.

Mamasuki babak kedua, Persija makin percaya diri, masuknya Riko Simanjuntak semakin menambah daya gedor anak-anak Ibukota ini. Upaya ini membuahkan hasil, Persija mampu memperbesar keunggulan, melalui aksi Osvaldo Haay pada menit ke-49.

Bola umpan langsung dari kiper Persija, Andritany Ardhiyasa berhasil diterima Osvaldo Haay yang berdiri bebas dijantung pertahanan Borneo FC. Bola umpan tersebut langsung disepak dengan kaki kirinya, dan skor berubah menjandi 2-0 untuk Persija.

Persija makin di atas angin, menyusul gol ketiga, yang kali ini disarangkan legion asing anyarnya Yann Motta pada menit ke-66. Gol ini tercipta dari sepakan pojok Marc Klok, yang dimanfaatkan dengan sempurna oleh Yann Motta dengan tandukannya.

Baca juga :  Jelang Hadapi Myanmar, Timnas Senior TC di Australia

Unggul 3-0 atas lawanya, tak menyurutkan semangat pemain Persija untuk menambah keunggulannya. Persija terus menggempur pertahanan Borneo FC, melalui aksi Marco Simic, Riko Simanjuntak , Novri Setiawan, dan Osvaldo Haay.

Persija akhirnya melengkapi kemenangan lewat gol Marco Simic pada menit ke-88. Bola umpan tarik Riko Simanjuntak diselesaikan dengan baik Simic. lewat sepakan kaki kanannya. Skor 4-0 untuk kemenangan Persija bertahan hingga pertandingan usai.

Hasil ini membawa Persija menduduki posisi ketiga klasemen sementara Grup B dengan raihan 3 poin dari2 laga yang dilakoninya. Sementara PSM Makassar bertahan dipuncak klasemen Grup B, setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Bhayangka Solo FC. PSM meraih 4 poin hasil sekali menang dan sekali imbang. Sementara Bhayangkara Solo FC, menempati posisi kedua klasemen Grup B, dengan poin 4 hasil dua kali laga.

Persija akan jumpa Bhayangkara Solo FC pada laga terakhir Grup B, keduanya akan tampil habis-habisan untuk menenntukan tim mana yang berhak lolos ke babak Delapan Besar. Sementara PSM Makassar langkahnya lebih ringan, karena akan menghadapi Borneo FC, yang praktis sudah tersingkit dari ajang Piala Menpora 2021 ini.