JAKARTA, Indotimes.co.id – Kabar kurang mengenakan dating dari induk Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI), yang memutuskan untuk meniadakan Komptisi Bola Voli Profesional (Proliga) tahun 2021 ini, dikarenakan tiada sponsor pendukung.

Melalui surat resmi no 032/PP/PBVSI/III/2021 yang dikirimkankan kepada calon-calon klub peserta kompetisi Proliga, PP PBVSI selaku pihak penyelenggara kompetisi bola voli Proliga menyampaikan hingga saat ini belum mendapatkan konfirmasi kerjasama dengan pihak sponsor Proliga 2021. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diputuskan penyelenggaraan kompetisi bola voli Proliga 2021 tidak diselenggarakan.

Dalam surat yang ditanda-tangani Direktur Proliga, Hanny S Surkatty tersebut, juga dijelaskan, kalau gelaran kompetisi bola voli Proliga tahun 2022 akan diselenggarakan mulai bulan Januari hingga Maret 2022.

Tanda-tanda Kompetisi Proliga tidak jadi digelar pada tahun ini, terlihat dari hasil putusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PP PBVSI 2021 pada 27 Februari 2021 lalu.

Baca juga :  Putra Jatim & Putri Jabar Juara Umum Polo Air FAI 2018

Ketua Umum PP PBVSI, Komjen Polisi (P) Drs. Imam Sujarwo M. Si, dalam keterangan persnya sesuai Rakernas, secara tersirat mengatakan kompetisi Proliga untuk tahun ini masih bersifat tentative. “Jika memungkinkan akan dilaksanakan antara Juli atau Agustus. Tergantung situasi,” ujar Imam.

Seperti diketahui, Proliga tahun lalu dihentikan usai digelar hingga putaran kedua, karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia.“Kita belum tahu apakah Covid-19 akan berkurang atau tidak. Namun, kita mengharapkan jauh berkurang sehingga Proliga dan kegiatan lain bisa berjalan,” ungkapnya.

Namun Direktur Proliga PP PBVSI, Hanny S. Surkatty secara gamblang mengungkapkan kenapa gelaran kompetisi Proliga bersifat masih tentative, dikarenakan Proliga belum bisa diputuskan waktu dan tempatnya akan digelar, juga disebabkan belum adanya kepastian dari para sponsor.

“Kita tunggu saja, dua atau tiga bulan sebelum digelar sudah ada kepastian adanya sponsor. Agar klub-klub peserta bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi,” ujar Hanny yang juga Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI

Baca juga :  Menpora Puji Kreativitas PB WI, Konsisten Bina Atlet Ditengah Pandemi

Namun, jika sponsor belum ada kabar hingga April, Hanny mengatakan Proliga untuk musim 2021 ditiadakan dan akan digelar Januari 2022. “Masalahnya sponsor yang kita harapkan masih belum memberikan jawaban,” ungkapnya kala itu.

Selain Proliga, PP BVSI juga memiliki kalender kegiatan lainnya seperti Livoli dan Kejurnas Antarklub juga masih tentatif baik waktu dan tempatnya.

Diungkapkannya, turnamen selain Proliga ditawarkan ke daerah untuk menjadi panitia atau tuan rumah. “Jika ada daerah yang bersedia menjadi tuan rumah dan membiayai penuh Livoli maupun Kejurnas kita beri kesempatan,” tandas Hanny.

Sedangkan untuk pelaksanaan Kejurnas Voli Indoor Antarklub U-17 dipastikan berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur pada 24-28 November 2021. Begitu pula dengan Sirkuit Voli Pantai seri satu hingga empat berlangsung di empat tempat antara lain Jakarta (seri 1/16-20 Juni), Sidoarjo (2/19-22 Agustus), Pacitan (3/26-29 Agustus), dan Lamongan (4/9-12 Desember).

Baca juga :  Daud Yordan dan Iwan Siap Tempur Hadapi Petinju Rusia 

Sedangkan untuk agenda internasional, AVC Beach Volleyball Tour dijadwalkan berlangsung di Ancol, Jakarta pada 23-27 Juni 2021mendatang. Namun itu sifanya masih semntara, melihat perkembanban dari kondisi pandemi Covid-19.