JAKARTA, Indotimes.co.id –
Barito Putera berhasil melaju ke babak 8 besar Piala Menpora 2021. Sukses ini didapat setelah tim ‘Laskar Pangeran Antasari’ bermain imbang 2-2 lawan TIRA-Persikabo, pada laga pamungkas Grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3).

Dalam laga tersebut, kedua tim bermain terbuka. Barito Putera dan TIRA-Persikabo saling jual beli serangan. Namun, Barito Putera lebih menguasai jalannya laga.

Namun Rizky Pora dan kawan-kawan sempat tertinggal, setelah pemian TIRA-Persikabo mencuri gol, lewat Ahmad Nufiandani pada menit ke-37. Bola hasil tendangan  kaki kanannya meluncur ke gawang Barito Putera yang dikawal Muhammad Riyandi.

Tertinggal 0-1, melecut semangat pemain Barito Putera untuk menyamakan kedudukan. Namun  gempuran bertubi-tubi para pemain asal Kota Banjarmasin, belum mapu menhebol gawang
TIRA-Persikabo. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk TIRA-Persikabo tetap tak berubah.

Baca juga :  Kabut Asap Tak Halangi Kemeriahan Gowes. Nusantara Kota Palamgka Raya

Memasuki babak kedua, Barito Putera langsung tancap gas,  menggedor gawang  TIRA-Persikabo. Upaya ini membuahkan hasil, Barito Putera berhasil menyamakan kedudukan melalui tandukan Cassio De Jesus pada menit ke-49. Gol ini lahir  memanfaatkan sepakan pojok Rizky Pora, yang disekesaikan dengan sempurna   Cassio De Jesus.  Dan skor pun berubah menjadi imbang 1-1.

Namun TIRA-Persikabo kembali umggul, lewat sontekan Andy Setyo pada menit ke-54. Skor 2-1 untuk keunggulan TIRA-Persikabo.

Gol TIRA-Persikabo, membuat pemain Barito Putera tak punya pilihan lain, untuk tampil habis – habisan menghindari kekalahan dari adal Kota Bogor tersebut.

Barito Putera yang hanya membutuhkan hasil imbang, untuk memastikan lolos ke babak Delapan Besar,  terus menggempur pertahanan TIRA-Persikabo. Sebaliknya
TIRA-Persikabo juga ingin mempertahankan keunggulan agar menjaga asa ke babak Delapan Besar.

Semangat ‘ Waja Sampai Kaputing’ Barito Putera, akhirnya membuahkan hasil, lewat  aksi M Firli pada menit ke-87, yang mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. 

Baca juga :  Uji Coba Timnas U-23, Pemain Dilarang Selebrasi

Umpan tendangan bebas Lutfhi Kamal , disambut  tendangan kaki kanan M Firli, yang tak mampu lagi diselematkan penjaga gawang TIRA-Persikabo, Syahrul Trisna.
Skor 2-2 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Hasil imbang sudah cukup membawa  Barito Putera dipastikan lolos ke babak delapan besar, dengan raihan 5 poin dari 3 laga. Sedangkan TIRA-Persikabo haus tersingkir dari Piala Menpora 2021.

Barito Putera lolos sebagai runner up Grup A, sementara juara Grup A diraih  PSIS Semarang  yang pada laga kedua berhasill menumbangkan Arema FC 3-2.  PSIS lolos ke delapan besar setelah mengumpulkan poin 7.