, Indotimes.co.id – Jakarta lolos ke babak semifinal Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Barito Putera 1-0 (0-0) pada laga perempat final yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4) malam. Gol Tunggal kemenangan Persija dicetak Martco Simic pada menit ke-61 memanfaatkan umpan matang Riko Simanjuntak dimuka gawang Barito Putera. Hasil membawa tim berjuluk ‘Macan akan berhadapan dengan PSM Makassar pada laga semifinal pada 15 dan 18 April mendatang.

Sempat mendapatkan tekanan dari Barito Putera pada awal pertandingan, namun anak asuh Sudirman ini, mampu meredam aksi para pemain tim asal Kota Banjarmasin ini.

Pada laga ini, Barito Putera, harus kehilangan pemain kunci mereke, yang juga squad timnas U-20 Amiruddin Bagas Kaffa, yang harus ditarik keluar karena cedera. Bagas Kaffa mengalami cedera lantaran salah jatuh usai menghalau bola umpan crossing.

Baca juga :  Persija Lolos ke Final Piala Menpora 2021, Tundulan PSM Melalui Adu Penalti

Barito Putera beberapa kali mengancam pertahanan Persija, namun mereka gagal menembus pertahanan tim Ibukota itu, yang tampil sangat rapat.

Sebaliknya Pesija juga sempat mengancam gawang Barito Putera, pada menit-menit akhir babak pertama melalui aksi Osvaldo Haay dan Marco Simic, namun mampu diselamyakan penjag gawang Barito Putera yang dikawal Muhammad Riyandi. Skor imbangn 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Mamasuki babak kedua, pelatih Sudirman mencoba memasukan tenaga tambahan dengan memasukan Riko Simanjuntak, guna menambah daya gedor Persija.

Upaya ini cukup berhasil, beberapa kali serangan Pesija menyulitkan barisan pertahanan Barito Putera. Menit ke-54 Persija mendapatkan peluang emas, melalui Osvaldo Haay,tapi sayang masih terlalu lemah dan ditangkap mudah oleh Muhammad Riyandi. Begitu juga sepakan keras Marko Simic, yang masih bisa dihalau Luthfi Kamal, padahal gawang Barito Putera yang sudah kosong.

Baca juga :  Menpora dan Walikota Solo Gibran Ikut Tegang, Saksikan Serunya Drama Adu Penalti Laga Semifinal Persija vs PSM

Kerja keras Persija akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-61. Duet Marko Simic dan Riko Simanjuntak, membuat barusan pertahan barito Putera tak leluasa menghadang gol Simic. Riko yang lolos dari kawalan dari bek Barito Putera mampu memberikan umpan matang ke Simic yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Muhammad Riyandi.

Unggul 1-0 semakin membuat semangat pemain Pesija untuk menambah keunggulan. Setidaknya pada menit ke-69 Persija mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol kedua. Kombinasi dari Riko Simanjuntak dan Marco Motta di sisi kiri pertahanan Barito Putera mampu mengirimkan umpan matang ke Osvaldo tapi sayang tendangan dari Osvaldo masih membentur pemain Barito Putera.

Barito Putera, bukan tanpa perlawanan, pasukan Djajang Nurjaman ini juga melakukan tekanan ke gawang Persija. Namun serangan-serangan yang dibangun oleh Bayu Pradana dan kawan-kawan masih membentur pertahanan berlapis dari Persija Jakarta.

Baca juga :  Seluruh Laga Tunda Persija Digelar di Stadion PTIK Jakarta

Menit ke-90 sebenarnnya Persija mampu mencetak gol kedua dari sepakan penjuru. Tapi sayang gol tersebut anulir oleh wasit karena pemain Persija dianggap melakukan pelanggaran kepada pemain Barito Putera.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 untu keunggylan Persija Jakarta tetap tidak berubah. Hasil ini cukup membawa Persija untuk melaju ke babak semifinal. Pada laga semifinal Persija akan menghadapi lawan tangguh PSM Makassar, yang pada laga perempat final sehari sebelumnya menundukan PSIS 4-2 melalui adu penalti.