PLN Jelaskan Soal Ledakan di Kuta Square

JAKARTA, Indotimes.co.id – PT PLN memastikan tidak ada ledakan pada gardu yang berlokasi di depan Kuta Square, Jl. Tegalwangi, Kuta Bali. Suara mirip ledakan yang terjadi pada pkl 10.00 wita tersebut, berasal dari panel tegangan rendah PLN di gardu distribusi yang terbakar.

Manajer Area Bali Selatan I Nyoman Sueca menjelaskan, panel tegangan rendah yang terbakar dan kabel di dalam panel putus sehingga menimbulkan percikan bunga api dan kabel yang putus di dalam panel memukul pintu panel seolah-olah seperti ledakan.

“Terbakarnya panel listrik (LV Board) pada gardu depan pertokoan kawasan Kuta Square, pada saat yang bersamaan LV Board di KA 4 di Jalan Tegalwangi Kuta juga terbakar karena kedua LV Board tersebut merupakan satu rangkaian dari trafo yang sama,” kata I Nyoman Sueca dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Baca juga :  Pelatihan Berjenjang Dianggap Jadi kunci Sukses Berkoperasi

Sesaat setelah kejadian api berhasil dipadamkan dengan menggunakan APAR Foam oleh satuan pengamanan Kuta Square, dan beruntung api tidak merembet ke panel listrik lainnya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 10 pelanggan tegangan rendah dengan total daya 65 kW terpaksa dipadamkan listriknya. Dia mengatakan, saat ini petugas PLN sedang melakukan proses penormalan dengan cara memasang instalasi darurat dengan saluran udara dan mengganti LV Board yang mengalami gangguan.

“Kami mohon maaf atas peristiwa terbakarnya panel listrik yang terjadi pada Gardu distribusi Kami yang terletak di Kuta, kami juga mohon maaf atas pemadaman yang harus kami lakukan kepada 10 pelanggan kami. Kami juga memastikan bahwa tidak ada gardu milik PLN yang meledak,” ujar I Nyoman Sueca.

Selain itu, PLN meminta maaf kepada seluruh pihak-pihak yang terganggu kenyamanannya akibat kejadian tersebut. PLN terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan ke depannya akan diupayakan koordinasi dengan pihak pengelola agar difasilitasi tempat atau ruang untuk pemasangan panel dan gardu pembagi di beberapa titik lokasi Kuta Square untuk memecah beban kelistrikan di daerah Kuta Square. (ach)