SOLO, Indotimes.co.id – Jakarta akhirnya melaju ke babak final 2021, setelah menundukan melalui drama adu tendangan penalti dengan skor 4-3, pada semifinal leg kedua di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4) malam.

‘Macan Kemayoran’ memastikan diri tampil di final Piala Menpora 2021, harus ditentukan melalui adu penalty, setelah harus bermain imbang 0-0 hingga waktu normal 90 menit. Adu penalti dilakukan karena pada semi final leg pertama di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/4) lalu mereka juga bermain imbang 0-0.

Dalam laga kali Persija menguasai jalannya laga. PSM lebih mengandalkan serangan balik. Namun, kedua tim memperagakan serangan monoton mengandalkan sisi sayap. Kedua tim leboh banyak memainkan pertarungan di lini tengah. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persija masih menguasai jalannya laga. Kali ini, Persija mencoba peruntungan dari sepakan set piece. Namun upaya ini tidka banya membantu. Bahkan PSM hampir membobol gawang Persija pada menit ke-89. Sayang, bola sepakan keras kaki kanan Yakob Sayuri ditepis Andritany.

Baca juga :  Persija Lolos ke Semifinal Piala Menpora, Tundukan Barito Putera 1-0

Sayang skor imbang tanpa gol bertahan hingga pertandingan babak kedua berakhir. Untuk menentulan tim mana yang berhak tampil ke final, maka penentuan pemenangnya harus dilakukan melalui adu penalti.

Pada lima pemenbak pertama kedudukan juga imbangn 3-3, tiga gol Persija masing-masing dicetak Rohit Chand, Yann Motta, dan Marc Klok, sedang sepakan Marko Simic dan Novri Setiawan ditepis kiper PSM, Hilmansyah.
Begitu juga PSM mereka mencetak gol melalui Hasim Kipuw, Rasyid Bakri, dan Sutanto Tan. Dua penembak mereka Abdul Rahman ditepis Andritany. Lalu sepakan Yakob Sayuri melambung di atas mistar.

Tambahan dua penembak penalti Persija, Sandi Sute dan Riko Simanjuntak juga gagal membuat gol. Hal serupa juga dialami PSM, algojo mereka Zulham Zamrun dan Saldy juga gagal mencetak gol.

Gol penentu kemenangan Persija dicetak pemain belakang mereka Tony Sucipto, yang mampu menjebol gawang PSM yang dijaga Hilmansyah. Sebaliknya penembak PSM, Zulkifli Syukur gagal menghasilkan gol, sepakannya berhasil ditepis penjaga gawang Persija Andritany.

Baca juga :  Menpora Puas Pelaksanaan Piala Menpora 2021, Optimis Izin Liga 1 dan Liga 2 Segera Keluar

Sehingga skor akhir berubah menjadi 4-3 untuk kemenangan Persija, sekaligus memastikan diri tampil dilaga final, dan akan berhadapan dengan pemenang semifinal leg kedua antara Persib melawan PSS Sleman.
Pada semifinal leg pertama, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4) lalu, Persib unggul 2-1 atas PSS Sleman.