SOLO, Indotimes.co.id – Persija tampil sebagai juara Piala Menpora 2021, setelah menundukan Bandung 2-1 (0-0) pada leg kedua Final turnamen pramusin tersebut, di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4) malam. Sebelumnya tim berjuluk ‘Macan juga menang 2-0 atas Persib pada final leg pertama di Stadioan Maguwohargo, Sleman, Kamis (22/4) lalu.

Dua gol kemenangan Persija pada laga puncak ini masing-masing dicetak Osvaldo Haay pada menit ke-50 dan Riko Simanjuntak pada menit ke-90. Sedang gol Persib Bandung dicetak Ferdinand Sinaga pada menit ke-84

Dalam laga tersebut, Persija mengandalkan serangan balik cepat. Persib berhasil menguasai jalannya laga untuk megejar ketertinggalan selisih dua gol pada fianl leg pertama. Namun para pemain ‘Maung Bandung’ tersebut selalu bisa dipatahkan Persija. Lini belakang Persija sangat disiplin dalam menghalau serangan Persib.

Sayang pada laga ini tim Maung Bandung itu harus bermain dengan 10 pemain usai Bayu Fiqri mendapat kartu merah pada menit ke-29, menyusul pelanggaran keras yang dilakukannya terhadap Marco Motta.

Baca juga :  Persaingan Ketat Rajawali Sakti Jakarta dan PMS Solo di Hari Pertama Kungfu Tradisional

unggul selisih pemain, dimanfaatkan Persija untuk menggempur balik pertahanan Persib. Namun gempuran Persija juga tak mebuahkan hasil, hingga babak pertama berkahir dengan skor sama kuat 0-0.

Memasuki babak kedua, Persija terus mengempur pertahan Persib Bandung, dan mengusai jelanya permainan. Upaya ini akhirnya membuahkan hasil, melalui aksi Osvaldo Haay pada menit ke-50. Bola umpan terobosan Riko Simanjuntak disambut Osvaldo Haay dengan tembakan kaki kiri keraske pojok kana atas gawang Persib, yang tak mampu diselamatkan I Made Wirawan. Skorpun berubah 1-0 untuk keunggulan Persija.

Persib justru mengendurkan serangan saat tertinggal. Pemain Persib seperti frrustasi tidak dapat menembus pertahanan Persija. Justru Persija semakin leluasa dengan keunggulan selisih tiga gol. Persib selanjutnya melakukan serangan.

Meskipun demikian Persib mampu mencuri gol, lewat sepakan Ferdinand Sinaga pada menit ke-84. Gol ini lahir dari tembakan bebas Ferdinand, bola keras melengkung tak mampu dihalau penjaga gawang Persija, Andritany Ardhiyasa. Skor menjadi imbang 1-1.

Baca juga :  Menpora Buka Puasa Bersama dengan Stakeholder Pemuda dan Olahraga

Namun enam menit berselang, Persija kembali unggul, kali ini lewat aksi Riko Simanjuntak pada menit ke-90. Riko yang berlari bebas, mampu memaksimalkan umpan silang Osvaldo Haay, lewat serangan balik cepat tim Ibukota, dipengujung pertandingan.

Skor 2-1 untuk keunggulan Persija, bertahan hingga pertandingan berkahir. Hasil ini sekaligus membawa Pasukan Sudirman ini berhak atas trophy Piala Menpora 2021. Persija unggul selisih gol 4-1, setelah di pertemuan pertama menang 2-0.

Selain meraih Piala Menpora, Persija juga mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 2 miliar. Persija juga mendapat tambahan gelar, yaitu pemain terbaik yang didapat Marc Klok. Pemilihan ini dilakukan Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021 melalui Tim Technical Study Group (TSG). Atas pengahrgaan ini Marc Klok behak atas hadian uang sebesar Rp 50 juta.

Sementara itu Persib Bandung sebagai runner up mendapat hadiah uang sebesar Rp 1 Miliar. Peringkat ketiga diraih PSS Sleman dengan hadiah uang sebesar Rp750 Juta. Serta PSM Makassar dipringkat keempat berha atas hadoah uang sebesar Rp 500 juta.

Baca juga :  Traveloka Mundur Jadi Sponsor Kompetisi Liga 1

Penghargaan lainnya pada ajang Piala Menpora 2021, masing diraih oleh Pratama Arhan Alif ( Semarang) sebagai pemain muda terbaik juga mendapat hadiah uang sebesar Rp 50 juta. Kemudian pencetak , yaitu 4 gol diraih Assanur Rijal (Persiraja Banda Aceh) dan berhak atas hadiah uangn sebesar Rp100 Juta.
Wasit Terbaik diraih Agus Fauzan, dan mendapat hadiah uang sebesar Rp50 Juta. Tim Fair Play diraih PSM Makassar, dan berhak atas hadiah uang sebesar Rp100 Juta.