JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan, sukses pelaksanaan turnamen pra musim Piala Menpora 2021 tentunya menjadi rekomendasi untuk digulirkanya Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dalam waktu dekat ini. Namun tetap harus ada izin dari pihak Polri, tentunya hal ini harus melalui proses evaluasiyang melibatkan berbagai pihak termasuk diantaranya Polri, Kemenpora, Satgas Covid -19 dan beberapa pihak terkaik lainnya.

Hal tersebut disampaikan Zainudin sesuai rapat evaluasi turnamen pra musim Piala Menpora 2021 di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Senayan, Jakarta, Selasa (27/4).

Menurutnya secara umum pelaksanaan Piala Menpora berjalan sebagaimana yang diharapkan, semuanya berjalan lancar dana sukses serta memenuhi standar prosedur kesehatan sebagaiman yang telah ditetapkan pemerintah.

“Namun adanya kejadian sesuai turnamen beakhir, yaitu adanya kerumunan euforia dari sebagian suporter di Jakarta dan usah segilintir suporter di Bandung, memang sangat disayangkan. Dimana sebagian besar dari jutaan suporter telah mematuhi imbauan untuk tidak datang ke stadion, tidak berkumpol nonton bersama,dan hanya menonton dari rumah, telah menunjukan dukungan mereka untuk mendukung bergulirnya kompetisi,” ungkap Zainudin.

Baca juga :  Gairah Masyarakat Bengkulu Sambut Sepeda Nusantara

Menurut politisi Partai Golkar ini, semuanya akan menjadi bahan evaluasi semua pihak terkait, untuk rencana menggelar Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 mendatang.

“Hasil rapat evaluasi pelaksanaan Piala Menpora 2021, menyatatakan kegiatan telah berjalan dengan sukses, dimana semuanya berjalan sesuai prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan, terkait prosedur kesehatan dimasa pandemi. Tentunya ini sebagai langkah awal yang baik untuk mendukung kegiatan olahraga lainnya di tanah air,” ujar Menpora.

Adanya kejadian kerumuman euphoria sebagian suporter di Jakarta dan ulah segilintir suporter di Bandung, memang sangat disayangkan semua pihak. Meskipun kejadian itu terpisah, dan tak berkaitan langsung dengan pelaksanaan Piala Menpora, namun kejadian itu tentunya akan menjadi bahan evaluasi, terkait rencana digulirkannya komptisi Liga1 dan Liga 2.

Hal senada diutarakan Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, yang menyatakan pihak akan tetap menggulirkan Komptisi liga I dan Liga 2. Adanya kassus kerumumman supporter di Jakarta dan Bandung, tak menyurutkan rencana mengeglar kompotis Liga 1 dan Liga 2 pada Juli mendatang.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini menjelaskan, dari Piala Menpora 2021 kemaren terlihat kondidi fisik sebagian besar pemain memang tidak maksimal, begitu juga para wasit yang memimpin. Hal ini dikarenakan tidak ada kompetisi dalam waktu yang cukup lama, membuat kemampuan merka menjadi sangat berkurang.

Baca juga :  Tenis Junior MedcoEnergi FIKS Sportama, Upaya Merawat Tradisi

“Untuk itulah kehadiran kompetisi sepakbola di tanah air, yaitu Liga 1 dan Liga 2 sangat diperlukan, terutama dalam menjaga kemampuan para pemain maupun perangkat pertandingan. Ini juga menjadi penentu kualitas persepakbolaan nasional, terutama dalam mendukung pembentukan timnas yang terbaik, yang diharapkan juga mampu meraih prestasi secara maksimal pula,” ungkap Iwan Bule.

Sementara pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri), yang diwakili Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto, mengatakan hasil evaluasi Piala Menpora dinilai telah berjalan lancar dan sukses, dimana telah memenuhi ketentuan dan prosedur sebagaimana yang telah ditetapkan. Namun juga menyayangkan adanya kejadian kerumunan sebagian suporter di Jakarta dan Bandung.

Menurut Imam Sugianto, kerumunan di Jakarta terutama di Bundaran HI menjadi bahan pertimbangan. Polri juga menunggu rekomendasi Satgas Covid sebagai pelengkap untuk pemberian izin. Untuk kejadian di Jakarta pihak Polda Metro Jaya, telah meminta keterangan 65 orang, dan tengah mendalami adanya undangan untuk berkerumuan saat kejadian tersebut melalui media sosial (medsos).

Baca juga :  Menpora Cek Prokes Latihan Tim Peserta Piala Menpora 2021

“Kejadian di Bandung juga, di cafe, ada ungkapan kekecewaan Bobotoh dan sudah diamankan 8 orang, dilakukan pemeriksaan lanjut oleh Polda Jawa Barat,” jelas Imam.

“Terkait izin, ini menjadi kajian. Hasil rapat, bagaimana mengelola adik-adik kita suporter, kita tunggu konkret dari seluruh stakeholder pihak terkait. Apabila dikendalikan dengan baik, itu poin pemberian izin,” tambahnya.

Sedang pihak Satgas Covid-19, yang diwakili Alexander Ginting mengapresiasi penyelenggaraan turnamen yang berjalan baik dan masih menunggu laporan terkait kemungkinan peningkatan kasus, sakit, atau kontak dekat. “Ini penting jadi bukti bahwa penyelenggaraan baik dalam kegiatan atau pelaksanaan 3M berjalan sesuai,” pungkas Ginting.

Rapat evaluasi Piala menpora 2021 selain dihadiri Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru sekaligus Ketua Organizing Committee Piala Menpora Akhmad Hadian Lukita, Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto dan Satgas Covid-19, Alexander Ginting.